Pemko Pekanbaru Harapkan Peran Organda Fungsikan BPRS

id pemko pekanbaru, harapkan peran, organda fungsikan bprs

Pekanbaru, 31/10 (ANTARA) - Pemerintah kota Pekanbaru mengharapkan peran Organda dapat menjadi perpanjangan tangan untuk memaksimalkan fungsi Terminal Bandaraya Payung Sekaki (BPRS),yang hingga kini kurang diminati oleh Pengusaha Otobus dan agen.

"Sebab, saat ini banyak sorotan terhadap tidak berfungsinya terminal tersebut dan menjamurnya terminal bayangan," kata Kepala Dishub Kominfo Kota Pekanbaru, Sayuti, Minggu.

Dia mengatakan pihaknya beberapa waktu lalu sudah melakukan pertemuan dengan pengurus Organda dan juga Satlantas Pekanbaru membahas optimalisasi terminal BPRS.

"Pada kesempatan itu, pihak Organda sudah menyatakan kesanggupannya untuk menyampaikan kebijakan walikota kepada para agen dan pemiliki PO yang ada di Pekanbaru," katanya.

Salah satunya kebijakannya adalah untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dalam terminal BPRS.

Sedianya Pemilik PO dan para agen akan dilibatkan dalam rapat tersebut. Namun karena pemilik PO tidak hadir, maka Organda sebagai organisasi yang membawahi angkutan darat diharapkan bisa menjadi mediator kebijakan Pemerintah Kota.

"Kami mengharapkan peran dari Organda untuk masalah ini, karena selama ini kalau kami undang yang datang selalu angennya. Makanya kita serahkan sepenunya kepada Organda selalu induk organisasinya," kata Sayuti.

Meski telah ada kesepakatan dengan Organda, namun penertiban terminal banyangan dipastikan Sayuti bakal terus dilakukan secara rutin oleh Dinas perhubungan.

Sayuti mengatakan pihaknya akan berupaya maksimal agar sampai akhir tahun nanti, terminal BPRS sudah berfungsi sebagaimana yang diharapkan.

"Target kami akhir tahun nanti saat arus mudik terminal ini sudah kembali di gunakan maximal," katanya.