Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, tulang hingga reproduksi

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, tulang hingga reproduksi

Ilustrasi vitamin A (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Vitamin A selama ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, padahal vitamin ini juga memiliki peranan penting lain seperti mencegah penyakit serta meningkatkan kesehatan tulang.

Jenis vitamin A yang paling umum adalah beta-karoten dan karotenoid dan biasa ditemukan pada aprikot, blewah, jeruk bali, wortel, ubi, labu, brokoli, sayuran berdaun hijau, mangga serta pepaya. Sedangkan untuk vitamin A retinol hanya dapat berasal dari sumber hewani seperti hati, daging ikan seperti salmon, keju, mentega, telur dan susu.

Baca juga: Siasati dengan riasan anti pucat agar tetap segar saat bulan Ramadhan

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin A, menurut Boldsky, Rabu.

1. Melindungi mata

Salah satu manfaatnya adalah membantu menjaga penglihatan dan meningkatkan penglihatan karena merupakan komponen yang penting untuk mengaktifkan rhodopsin. Beta-karotennya juga berperan dalam mencegah degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kebutaan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin A berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan bermanfaat untuk menangkal penyakit serta infeksi dengan meningkatkan produksi dan fungsi sel darah putih. Kekurangan vitamin A akan meningkatkan kemungkinan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan resiko kanker

Vitamin A memainkan peran integral dalam mencegah kanker, menurut sebuah studi "Retinoid dan reseptornya dalam pengembangan kanker dan kemoprevens" yang diterbitkan dalam "Ulasan kritis dalam onkologi/hematologi", memiliki jumlah vitamin A yang tinggi dikaitkan dengan penurunan resiko kanker tertentu seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih dan kanker serviks.

4. Mengurangi masalah kulit

Masalah kulit seperti komedo, bintik-bintik yang menyakitkan di wajah, punggung dan dada terjadi ketika kelenjar sebaceous tersumbat dengan kulit dan minyak. Dermatologis sering meresepkan vitamin A untuk melawan jerawat dan keriput karena khasiatnya terhadap kulit.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin A, karotenoid, dan provitamin A karotenoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Konsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin A yang rendah memiliki resiko patah tulang yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat vitamin A yang lebih baik.

7. Membantu reproduksi

Secara khusus, vitamin A dianggap sebagai salah satu vitamin terbaik untuk perempuan karena membantu dalam pertumbuhan normal dan perkembangan embrio selama kehamilan. Perempuan hamil juga mendapatkan manfaat tambahan dari vitamin A.

Penerjemah: Maria Cicilia