KPU Siak gelar sidang pleno pekan depan

id kpu siak, pleno kpu siak, pemilu siak

Lima Komisioner KPU Siak. Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal (tengah) memberikan keterangan. (Antaranews/Bayu AA)

Siak, Riau (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak merencanakan sidang pleno Pemilu 2019 pada pekan depan mengingat penghitungan suara di tingkat kecamatan hampir semuanya telah selesai.

"Kita perkirakan Senin (29/4) sudah mulai tapi masih tergantung pada Kecamatan Minas dan Tualang. Kalau mereka sudah siap baru bisa kita susun," kata Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal di Siak, Sabtu.

Meski demikian, dia memastikan bahwa pleno KPU Kabupaten Siak dilaksanakan pekan depan. Pasalnya waktu paling lambat untuk itu adalah pada Senin (6/5) sesuai dengan jadwal dan tahapan.

Terlebih lagi, lanjutnya, pleno bisa dilaksanakan berjarak satu hari dengan selesainya rekapitulasi di seluruh kecamatan. Jadi jika dua kecamatan yang belum selesai yakni Minas dan Tualang bisa tuntas pekan ini maka pleno kabupaten sudah busa direncanakan.

Rekapitulasi di kecamatan tentunya menghitung lima surat suara. Diantaranya calon presiden dan wakil presiden, dewan perwakilan daerah, Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau, dan DPRD Siak.

Untuk perolehan suara capres/cawapres berdasarkan dataKantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah setempat Pasangan Calon nomorurut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menang atas Paslon 01 Joko Widodo-Maaruf Amin. Namun ini bukanlah data resmi karena yang menjadi ketetapan hanyalah pleno KPU.

Dalam data tersebut terlihat bahwa Prabowo-Sandi unggul 54,36 persen dengan jumlah 124.762 suara. Sedangkan Paslon Jokowi-Maaruf Amin memperoleh 45,64 persen atau 104.760 suara.

Dari 14 kecamatan di Siak, Prabowo-Sandi unggul di sembilan wilayah. Diantaranya Kecamatan Siak, Sungai Apit, Tualang, Sungai Mandau, Koto Gasib, Minas, Sabak Auh, Mempura, dan Pusako. Sementara itu Paslon Joko Widodo-Maaruf Amin hanya unggul di lima kecamatan yakni Dayun, Kerinci Kanan, Bunga Raya, Kandis, dan Lubuk Dalam.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar