KPU: Tujuh Kecamatan Dumai Mulai Menghitung Perolehan Suara Pemilu

id kpu dumai,pemilu 2019,pilpres 2019,kpu,berita riau terbaru,berita riau antara

KPU: Tujuh Kecamatan Dumai Mulai Menghitung Perolehan Suara Pemilu

KPU Dumai Masih Belum Mendapatkan Masukan Dan Tanggapan Masyarakat Terhadap 413 DCS DPRD (Antaranews/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai Parno menyebut bahwa rapat pleno penghitungan perolehan suara di tingkat panitia pemilihan di tujuh kecamatan sudah dimulai sejak Jumat (19/4), baik untuk pemilu legislatif dan presiden.

Pleno pada Jumat kemarin sudah dilaksanakan PPK Bukit Kapur, dan Sabtu ini disusul 6 Kecamatan lain, yaitu Dumai Selatan, Dumai Kota, Dumai Barat dan Dumai Timur, Medang Kampai dan Kecamatan Sungai Sembilan.

"Hari ini enam kecamatan memulai proses rekap penghitungan perolehan suara, dan sejak kemarin kecamatan bukit kapur sudah menghitung," kata Parno, Sabtu.

Disebutkan, KPU masih menunggu proses rekap penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan hingga selesai, dan baru bisa dilanjut pleno rekap tingkat kota sesuai jadwal disusun.

Baca juga: Waduh, Ketua KPPS di Pekanbaru terserang stroke saat tugas Pemilu

Selain itu, KPU Dumai juga segera menggelar rapat internal untuk memutuskan pelaksanaan pemungutan suara ulang dan lanjutan seperti rekomendasi Badan Pengawas Pemilu Kota Dumai di sejumlah TPS.

"Rekom bawaslu agar digelar pemungutan suara ulang dan lanjutan di beberapa TPS seecepat akan kita dalami dan dibahas bersama," sebutnya.

Komisioner baru KPU Dumai berasal dari unsur jurnalis ini memastikan logistik Pemilu, terdiri kotak suara dan surat suara pemilu sudah berada di kantor kecamatan untuk penyimpanan dan dilanjutkan penghitungan.

Sementara, Kapolsek Dumai Kota Iptu Hardianto menilai pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah hukum Kecamatan Dumai Kota, dimulai distribusi logistik, pemungutan suara dan pleno penghitungan di tingkat kecamatan berlangsung dalam keadaan lancar terkendali tanpa ada kejadian menonjol.

"Semua berjalan lancar terkendali, dan kita akan terus mengawal hingga rampung proses pemilu ini," kata Hardiantodi Kantor Pemerintah Kecamatan DumaiKota, Sabtu.

Diketahui, Badan Pengawas Pemilu Kota Dumai rekomendasikan 4 TPS digelar pemungutan suara ulang dan 9 TPS pemungutan suara lanjutan di sejumlah kecamatan, karena kertas suara habis dan kurang serta ada kesalahan panitia tidak sesuai tata cara pemilu.

Pemilu 2019 di Kota Dumai digelar KPU di 841 TPS tersebar di 33 kelurahan 7 kecamatan dengan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap II sebanyak 181.039 jiwa dan 996 orang pemilih khusus.

Baca juga: Bawaslu Riau minta PSU dan PSL dilakukan secara transparan

Baca juga: Trafik layanan data Telkomsel naik 16,3 persen di Pemilu 2019