Amril Mukminin : Kades Harus Transparan Kelola Dana Desa

id Bupati Bengkalis,bengkalis

Bupati Bengkalis Amril Mukminin melantik enam Kades yang terpilih saat Pilkades di Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bathin Solapan

Bengkalis, (Antaranews Riau) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin menegaskan bahwa seorang Kepala Desa supaya senantiasa transparan dalam pengelolaan dana desa, seperti kata pepatah "ikuti aturan, maka aturan akan menjagamu".

"Manfaatkan tiap rupiah dana desa dengan baik, cermat dan teliti. Selain itu dana desa tersebut juga harus dioptimalkan pada program kegiatan yang produktif agar dapat memberikan output dan outcome yang berkelanjutan," ujar Amril Mukminin saat melantik enam Kades di Kantor Camat Pinggir, Kamis.

Bupati juga mengimbau Kades agar dapat memegang teguh amanah yang telah diberikan oleh masyarakat serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan berfikir dan bekerja lebih visioner, kreatif, dan inovatif serta mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia pada desa yang dipimpin.

"Sebagai pemimpin yang dipercaya masyarakat, kita harus seperti matahari di mana planet-planet pengikutnya bergerak bersama dalam irama yang harmoni. Analogi tersebut mengajarkan kita bahwa sebuah tim akan menjadi harmonis dan bergerak bersama jika terdapat pemimpin yang kompeten dan bisa diteladani," ungkap Bupati Bengkalis.

Bupati Bengkalis juga mengingatkan kepada Kades terpilih, bahwa mereka bukan milik keluarga atau golongan/tim, melainkan milik masyarakat di desa itu sendiri.

"Oleh karena itu, rangkul seluruh elemen masyarakat termasuk calon Kades yang belum berkesempatan terpilih, untuk bersama-sama membangun desa," pungkas Amril Mukminin.

Enam Kades yang dilantik di antaranya, Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir Akhyar Mukmin, Kepala Desa Melibur Kecamatan Talang Mandau Hariansyah, Kepala Desa Kuala Penaso Kecamatan Talang Muandau Izandri, Kepala Desa Tasik Serai Timur Kecamatan Talang Mandau Erwin Siahaan, Kepala Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan Amirudin, Kepala Desa Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan Agushar.

Usai melantik dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa se-Kecamatan Pinggir, Talang Mandau dan Bathin Solapan, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, menyalurkan bantuan tiga mobil ambulance, santunan anak yatim dan kaum dhuafa, beasiswa dan alat permainan edukatif, perlengkapan sekolah dan buku pelajaran bagi komunitas adat terpencil yang berada di Kecamatan Mandau dan Pinggir.

Untuk ambulance, ditujukan untuk klinik Polres Bengkalis, UPT Puskesmas Pematang Duku, dan Pustu Harapan Baru Desa Bathin Berubah UPT Puskesmas Duri Kecamatan Mandau. Sementara untuk santunan kaum dhuafa dan anak yatim, digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis dimana santunan tersebut diserahkan kepada 102 penerima.

Turut hadir pada pelantikan tersebut Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Anggota DPRD Bengkalis Ibra Teguh, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis Yuhelmi, serta sejumlah Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.Camat Pinggir Toharuddin, Camat Talang Muandau Ruslan, Camat Mandau Riki Rihardi, Danramil Mandau-Pinggir Y. Menrofa, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ali Ambar, Ketua LAM Riau Pinggir Al Azmi, Ka. KUA Kecamatan Pinggir Syamsir JS. (Infotorial)
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar