Riau Tawarkan Sejuta Pesona Pariwisata Unggulan DI 10 Kabupaten dan 2 Kota

id riau tawarkan sejuta pesona pariwisata unggulan di 10 kabupaten dan 2 kota

Riau Tawarkan Sejuta Pesona Pariwisata Unggulan DI 10 Kabupaten dan 2 Kota



Oleh Desy Nofita Sari & Frislidia

Pekanbaru (Antarariau.com) Dinas Pariwisata Provinsi Riau menawarkan sejuta pesona pariwisata unggulan, seni budaya, alam dan kearifan lokal berasal dari 10 kabupaten dan dua kota melalui program Riau Menyapa Dunia.

"Sebanyak 10 kabupaten yang memiliki potensi wisata unggulan itu yaitu Kabupaten Kampar, Rohil, Pelalawan, Inhu, Inhil, Rohul, Siak, Kuansing, Bengkalis, dan Kepuluan Meranti serta Kota Pekanbaru dan Kota Dumai," kata Kepala Seksi Promosi Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Alfiandri, di Pekanbaru,Rabu.

Menurut Alfiandri, program Riau menyapa dunia ini merupakan bagian dari kalender kegiatan pariwisata nasional dari Provinsi Riau, yang sudah dilaksanakan sejak 2016.

Ia mengatakan, Riau perlu menggaungkan potensi pariwisata tersebut ke tingkat nasional hingga internasional karena Riau memiliki keunggulan sejuta pesona pariwisata yang khas dan akan memikat wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara yang diyakini bakal terkesima dengan kemilau wisata dan kearifan lokal daerah ini.

"Oleh karena itu Dinas Pariwisata Provinsi Riau terus menggencarkan promosi di tingkat nasional dan internasional dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan utama," katanya.

Ia merinci, objek wisata di Kabupaten Kampar yakni air terjun Batang Kapas, di Kabupaten Rohil seperti upacara akar tongkang dan wisata alam Pulau Jemur, di Kabupaten Pelalawan seperti ombak bono, di Kabupaten Inhu seperti Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, dan di Kabupaten Inhil seperti kegiatan religi.

Untuk Kabupaten Rohul, katanya menyebutkan, seperti mesjid Agung Islamic Center, di Kabupaten Siak seperti Istana Kerajaan Siak, di Kabupaten Kuansing seperti festival pacu jalur dan air terjun Guru Gemurai, berikutnya . di Kabupaten Bengkalis seperti festival pantai rupat dan di Kabupaten Kepuluan Meranti seperti "bokor world music festival".

Selain itu di Kota Pekanbaru dikenal ada ajang teater Sumatera dan di Kota Dumai seperti Pantai Teluk makmur yang mempesona.

"Jika APBD Riau dari APBN meningkat, diharapkan dapat mendukung upaya pengembangan wisata dilengkapi dengan pembangunan infrastruktur pendukung di kawasan pariwisata guna menciptakan kenyamanan bagi pengunjung," katanya dan menambahkan selanjutnya, media perlu lebih banyak mempublikasikan program "Riau Menyapa Dunia" ini guna meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Pewarta :
Editor: Frislidia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar