Ratusan Personel Gabungan TNI Polri Dan Pemkot Dumai Siap Amankan Pemilu 2019

id ratusan personel, gabungan tni, polri dan, pemkot dumai, siap amankan, pemilu 2019

Ratusan Personel Gabungan TNI Polri Dan Pemkot Dumai Siap Amankan Pemilu 2019

Istimewa

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kapolres Dumai AKBP Restika PN menyatakan ratusan personel gabungan TNI Polri dan Pemkot siap melakukan pengamanan tahapan Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 dapat berjalan damai dan sejuk.

Kegiatan pengamanan Pemilu 2019 dimulai pada 20 September 2018 sesuai jadwal dibuat KPU, dan Polres Dumai akan mengawal kelancaran dan ketertiban masa kampanye 23 September 2018.

"Sebagai kesiapan pengamanan pemilu, kepolisian dan unsur TNI serta pemerintah kota mengadakan apel gelar pasukan jelang dimulainya masa kampanye, dan di tiap tahapan selanjutnya," kata Kapolres Restika, Rabu.

Disebutkan, pengamanan pemilu 2019 butuhkan sinergitas dan koordinasi intensif semua pihak terkait karena memiliki kompleksitas kerawanan dan dalam pelaksanaan jumlah tempat pemungutan suara bertambah jadi 840 TPS.

Pelaksanaan pengamanan Pemillu 2018 di Dumai dinilai sudah punya modal awal yang baik, mengingat sukses dan lancarnya helat dua pesta demokrasi pernah terlaksana, yaitu Pemilu Kepala Daerah Kota Dumai 2015 dan Pilkada Riau 2018.

Dalam Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018, akan melibatkan 385 personel polisi, dan 100 petugas gabungan dari unsur TNI dan Pemkot Dumai, seperti Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan serta unsur lain.

"Tingkat kerawanan pemilu di dumai pasti ada dengan keberagaman warga berbagai suku dan sejumlah wilayah jaraknya berjauhan, namun tetap kita inginkan damai dan aman," sebutnya.

Polres Dumai juga sudah melakukan sejumlah langkah langkah mewujudkan pemilu damai dan lancar, misalnya sosialisasi ke semua elemen masyarakat, pelajar dan partai politik serta deklarasi pemilu damai.

Dihimbau warga untuk bersama menjaga situasi aman kondusif dengan tidak mudah mempercayai isu atau ujaran kebencian, atau sesuatu dapat menimbulkan perpecahan dan perselisihan di tengah masyarakat.

Upacara gelar pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 berlangsung di Halaman Mapolres Dumai dihadiri Wali Kota Zulkifli As, Dandim Letkol Horas Sitinjak, Ketua KPU Darwis dan sejumlah unsur pimpinan daerah lain.