Akibat Menurun PAD, DPRD Riau Sepakati Usulan Pemrov Untuk Penghematan Anggaran

id akibat menurun, pad dprd, riau sepakati, usulan pemrov, untuk penghematan anggaran

Akibat Menurun PAD, DPRD Riau Sepakati Usulan Pemrov Untuk Penghematan Anggaran

Ilustrasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - DPRD Riau merespon baik dan sepakat dengan himbauan Pemprov untuk melakukan penghematan anggaran, karena kondisi keuangan semakin sulit akibat terjadinya penurunan Pendapatan Asli Daerah dan tunda salur Dana Bagi Hasil dari pusat.

Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu di Pekanbaru, Selasa mengatakan dewan sepakat dengan ajakan penghematan anggaran karena memang tidak dibenarkan pemborosan dalam penggunaan anggaran rakyat.

"Dilihat dulu kegiatan apa yang anggaranya akan dihemat. Anggaran yang harus dirasionalisasi dipaparkan dulu. Karena dikhawatirkan aggaran yang wajib yang dirasionalisasi atau dihemat," ucap Politisi PDI Perjuangan Riau tersebut.

Sebelumnya, Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi melontarkan ajakan dari pihak eksekutif untuk berhemat karena yang menetapkan rasionalisasi ada pada dewan. Karena Dewan yang mengetok Palu.

Ia mengatakan harus memperhatikan adanya pemahaman dan kesadaran tentang kondisi keuangan Riau saat ini.

"Diperlukan pemahaman tentang situasi keuangan sekarang. Kemudian penghayatan rasa terhadap krisis yang kita hadapi sekarang itukan harus dengan kesadaran," ucapnya.

"Dan yang paling penting karena di internal Pemprov juga dibangun kesadaran sekarang, contoh semua kegiatan yang bisa diadakan seperti ATK dirasionalisasi," sambungnya.