Pelajari Olahan Sagu, Pj Gubernur Papua Berkunjung ke Meranti

id pelajari olahan, sagu pj, gubernur papua, berkunjung ke meranti

Pelajari Olahan Sagu, Pj Gubernur Papua Berkunjung ke Meranti

Selatpanjang, (Antarariau.com) - Pejabat Gubernur Papua Mayor Jenderal Purnawirawan TNI Soedarmo berkunjung ke Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, guna belajar olahan sagu untuk bisa menjadi komoditi ekspor.

"Kami mau belajar tentang bagaimana Kabupaten Meranti mengolah potensi perkebunan sagu yang dimiliki menjadi produk premium atau kelas satu, yang diekspor untuk mencukupi kebutuhan Nasional dan mancanegara, " kata Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Mayjend. Purn. TNI Soedarmo di Selatpanjang, Kamis.

Rombongan Gubernur Papua tiba tepat pukul 09.45 WIB di Desa Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Rombongan langsung disambut oleh Bupati Kepulauan Meranti Irwan dan jajaran Pejabat Eselon II dan III di lingkungan setempat.

Mayjend. Purn. TNI Soedarmo mengaku selain bersilahturahmi, pihaknya ingin melihat langsung bagaimana Pemerintah Kabupaten Meranti memberdayakan masyarakat dalam mengola kebun sagu rakyat dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Usai Acara ramah tamah rombongan Pemprov Papua langsung diajak meninjau pabrik pengolahan sagu PT. Nasional Sagu Prima.

Disitu rombongan Pemprov Papua dapat melihat langsung tahapan pengolahan dari batang sagu menjadi repung sagu, hingga pengemasan oleh mesin milik PT. NSP.

Selanjutnya rombongan dibawa menuju Desa Sungai Tohor, salah satu wilayah pusat perkebunan sagu di Meranti, yang sempat dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo saat pertama kali menjabat tahun 2014 lalu.

Dilokasi ini rombongan meninjau Kilang Sagu Rakyat pabrik pengolahan tradisional dijalankan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) dimana keuntunganya nanti dibagi kepada anggota untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga dan mendongkrak peningkatan ekonomi Meranti secara umum.

Disini rombongan Pemprov Papua diberi pengetahuan tentang bagaimana pengolahan batang sagu menjadi sagu dimulai dari proses perendaman, penyaringan untuk memisahkan limbah dengan sagu basah hingga menjadi tepung kering, gula sagu dan lainya.

Seperti diketahui Meranti merupakan daerah yang terkenal sebagai Kabupaten penghasil Sagu Nasional berkualitas premium.

Luas kebun Sagu Meranti mencapai 38 ribu hektare dengan produksi tepung sagu kering sebanyak 200 ribu ton pertahun.

***3***