Kapal kargo di perairan Meranti terbakar usai bongkar muat tepung sagu

id Kapal kargo di Meranti terbakar ,Satpolairud Meranti ,SAR Meranti

Kapal kargo di perairan Meranti terbakar usai bongkar muat tepung sagu

Kapal kargo KM Lintas Bahari terbakar saat lego jangkar usai melakukan aktivitas bongkar muat tepung sagu di perairan Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (29/7/2024). (ANTARA/HO-SAR Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Kapal kargo KM Lintas Bahari 28 GT 1571 mendadak terbakar saat lego jangkar usai melakukan aktivitas bongkar muat tepung sagu di perairan Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, dimana yang terbakar berada di bagian haluan kapal. Api pertama kali diketahui oleh seorang awak kapal bernama M Hoirul.

"Selesai bongkar muat tepung sagu dengan cara ship to ship, dari atas palka kapal, M Hoirul melihat api disertai gumpalan asap di haluan kapal, tepatnya di bagian panel listrik," ungkap Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setiawan melalui Kasatpolairud, Iptu Imbang Perdana.

Melihat api itu, lanjut Imbang Perdana, awak kapal tersebut langsung menyerukan kepada seluruh kru kapal untuk membantu memadamkan api. Namun api cepat membesar dan membakar haluan kapal, karena panel listrik berdekatan dengan tumpukan sling bag yang mudah terbakar.

"Mengetahui adanya kebakaran di kapal itu, kita langsung memerintahkan anggota dengan dibantu dengan tim SAR Meranti untuk melakukan cek TKP. Setibanya di sana tim gabungan segera membantu melakukan pemadaman.

"Sekitar pukul 17.00 WIB, api akhirnya berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu," pungkas Iptu Imbang Perdana.