50 Persen Calon Siswa Tak Lulus PPBD

id 50 persen, calon siswa, tak lulus ppbd

Rengat, Indragiri Hulu 5/7(ANTARA) Calon siswa baru yang tidak lulus pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah SMA di Rengat berkisar antara 40 hingga 50 persen.

Di SMA 1 Rengat misalnya 50 persen pendaftar tidak lulus seleksi. Sementara disejumlah Sekolah Negeri lainnya rata-rata 40 persen tidak lulus PSB.

Akibatnya kembali para siswa dan orang tua merasa cemas saat pengumuman Penerimaan Siswa Baru (PSB) pada Senin (5/7) pada sejumlah sekolah di Kabupaten Indragiri Hulu.

Untuk dua Sekolah yakni, SMPN 1 Rengat dan SMAN 1 Rengat berdasarkan surat keputusan Dinas Pendidikan Inhu hanya diberi kesempatan untuk PSB selama tiga hari dan sudah ditetapkan calon siswa baru pada Kamis (1/7) lalu.

Sedangkan untuk sekolah lainnya, PSB berlangsung selama lima hari terhitung sejak Selasa (29/6) hingga Sabtu (3/7) dan diumumkan pada Senin (5/7).

Panitia PSB SMAN 1 Rengat, Drs M Khatib Ilham di Rengat, Senin, mengatakan untuk tahun ajaran 2010/2011 SMAN 1 Rengat menerima siswa baru sejumlah 256 siswa. Dimana untuk jumlah tersebut ditampung untuk delapan kelas.

Sedangkan jumlah calon siswa yang mendaftar pada saat PSB berjumlah 429 orang. Artinya sekitar 173 orang calon siswa tiduk lulus seleksi pada PSB yang juga mengacu nilai rata-rata.

Begitu juga di SMAN 2 Rengat, terdapat 168 siswa yang diterima sebagai siswa baru untuk lima kelas. Sedangkan jumlah calon siswa yang mendaftar berjumlah 274 orang atau sejumlah 106 orang tidak lulus seleksi PSB.

Sementara itu Panitia PSB di SMAN 1 Rengat Barat, Drs Abu Bakar ketika dikonfirmasi mengatakan sejumlah 158 siswa lulus seleksi PSB dari 233 orang pendaftar. Sehingga terdapat sekitar 75 calon siswa pada tahun ini tidak lulus melalui seleksi.

"Untuk tata cara seleksi PSB di SMAN 1 Rengat Barat agak berbeda dengan sekolah lainnya dan sudah disetujui Dinas Pendidikan Inhu. Dimana setiap siswa tidak hanya sekedar rangking NEM semata yang menjamin untuk lulus. Melainkan ada empat mata pelajaran yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA dapat mendongkrak siswa untuk lulus PSB," ujar Abu Bakar.

Selama pendaftaran hingga penutupan pendaftaran terus diumumkan secara jurnal atas nama-nama calon siswa berdasarkan NEM dan nilai empat mata pelajaran tersebut.

Artinya PSB tersebut dilaksanakan secara terbuka dan calon siswa baru setiap hari dapat mengetahuinya.