Jelang Arus Mudik, Pengelola Terminal BPRS Giatkan Pemeriksaan Teknis Keselamatan Bagi Bus yang Masuk

id jelang arus, mudik pengelola, terminal bprs, giatkan pemeriksaan, teknis keselamatan, bagi bus, yang masuk

Jelang Arus Mudik, Pengelola Terminal BPRS Giatkan Pemeriksaan Teknis Keselamatan Bagi Bus yang Masuk

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengelola Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru, menggiatkan pemeriksaan teknis keselamatan (ramp check) bagi bus yang memasuki kawasan terminal tipe A tersebut.

"Kita bersama Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru serta Polresta melakukan pemeriksaan ramp check. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu,' kata Kepala Terminal BRPS Pekanbaru, Achmad Juli Wira Bakti, Jumat.

Menurut dia, pemeriksaan ramp check rutin dilakukan setiap menjelang Lebaran, dan tidak hanya ditujukan untuk angkutan antarkota dan dalam kota saja, namun juga untuk angkutan antarprovinsi.

"Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang sekiranya akan mudik," ujarnya.

Pemeriksaan teknis keselamatan (ramp check) tersebut, meliputi sistem kemudi, rem, ban, rem tangan, pemecah kaca, racun api, KIR, hingga SIM pengemudi.

Selain itu nantinya akan ada pemeriksaan urin untuk para pengemudi dengan menggandeng pihak lain seperti Badan Narkotika Nasional, namun masih dalam tahap pembahasan.

"Ini kan gunanya untuk masyarakat yang akan berlebaran nanti. Keamanan dan kenyamanan masyarakat adalah hal yang penting," tegasnya.

Selain itu, bagi angkutan lebaran kedapatan tidak laik jalan maka akan diberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran.. Mulai dari berupa imbauan dan peringatan hingga penilangan.

Wira juga menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran dalam hal pemeriksaan ramp check tersebut.

Kendati demikian, pihaknya akan terus melaksanakan pemeriksaan ramp check tersebut hingga sehabis Ramadhan. Pasalnya keselamatan masyarakat harus selalu menjadi prioritas bagi berbagai pihak yang terkait dengan transportasi tersebut.

"Ini akan terus dilaksanakan meski Ramadhan telah usai. Ini soal keselamatan nyawa masyarakat," pungkasnya.***4***

Pewarta :
Editor: Antara
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar