Tol Bangkinang-Koto Kampar akan dibuka jelang akhir tahun ini, gratis!

id Hutama karya,Arus Nataru,Tol Bangkinang-Koto Kampar

Tol Bangkinang-Koto Kampar akan dibuka jelang akhir tahun ini, gratis!

Direktur Operasi III PT Hutama Karya Koentjoro saat memaparkan prediksi kenaikan arus lalulintas selama libur natal dan tahun baru 2024. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar untuk mendukung peningkatan arus lalulintas saat libur Natal dan tahun baru.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya Koentjoro di Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jumat, menyebutkan tol sepanjang 24,7 kilometer ini akan dibuka dan dilewati secara gratis.

"Masih gratis. Sementara akan kita usulkan untuk dibuka satu arah. Arah darimananya nanti sesuai kajian pemerintah," sebutnya kepada awak media.

Jalan bebas hambatan sepanjang 24 kilometer ini rencananya dapat dilewati pengendara mulai dari 18 Desember - 2 Januari 2024.

Namun, dikatakan Koentjoro, masih ada sekitar 4 kilometer dari jalan ini yang belum berbeton tebal dan belum ada fasilitas lampu penerangan.

"Lantaran belum ada fasilitas lampu penerangan, maka akan dibuka mulai jam 07.00 - 16.00 WIB," lanjutnya.

PT Hutama Karya sendiri telah memprediksikan lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatra akan mengalami peningkatan sebanyak 24 persen selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 dengan jumlah kendaraan mencapai 1,23 juta unit.

"Kita sudah memetakan ruas di Trans Sumatera. Diperkirakan meningkat 24 persen dari lalulintas normal. Normalnya 988 ribu," urainya.

Jumlah ini juga mengalami peningkatan dibandingkan Nataru tahun lalu yang berjumlah 959 ribu kendaraan.

Dipaparkan Koentjoro, sekitar 71,8 ribu kendaraan akan melintas di Ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang selama libur Nataru. Sedangkan untuk Ruas Tol Pekanbaru - Dumai menyentuh 321 ribu.

Menyikapi hal tersebut, dikatakan pihaknya telah menyiagakan hampir seribu personel gabungan dan 289 unit armada untuk melakukan pengamanan Nataru di Riau.