Banyak Data Salah, Dinsos Rohil Verikasi dan Validasi Penerima PKH

id banyak data, salah dinsos, rohil verikasi, dan validasi, penerima pkh

Banyak Data Salah, Dinsos Rohil Verikasi dan Validasi Penerima PKH

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau saat ini tengah melakukan verifikasi dan memvalidasi data terbaru bagi masyarakat yang menerima bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH dari Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Rohil Junaidi Saleh di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu mengatakan, verifikasi ulang dilakukan karena data penerima bantuan tersebut banyak ditemukan yang salah, sehingga tidak tepat pada sasarannya.

"Penerimanya data tiga tahun lalu. Sementara kehidupan ekonomi masyarakatnya saat ini sudah banyak yang berubah, makanya kita verifikasi ulang," kata Junaidi.

Ia mengatakan, saat ini penerima dana bantuan PKH perekonomiannya sudah ada yang mapan, sehingga kedepan tidak bisa lagi diberikan bantuan.

"Kalau dulunya si penerima belum memiliki kompor gas atau lemari es, saat ini mungkin sudah punya. Hal ini salah satu bukti perekonomian masyarakat tersebut meningkat," ujarnya.

Untuk data yang lama penerima PKH tersebut, terang Junaidi jumlahnya sebanyak 24 Ribu jiwa.

"Saat ini data yang ada sama kita setelah diverifikasi jumlahnya sekitar lebih kurang 17 ribu jiwa. Kendati demikian, kita tetap akan melakukan verifikasi dan validasi ulang terhadap penerima bantuan itu," tuturnya.

Junaidi pun mengimbau kepada pihak kepenghuluan agar benar-benar memverifikasi dan memvalidasi data terbaru masyarakatnya yang menerima dana bantuan dari pemerintah pusat tersebut.***3***