Bhakti Sosial IBI KB-Kes, Disdakdul-KB Pekanbaru Targetkan 14.000 Perempuan Pasang Alat KB

id bhakti sosial, ibi kb-kes, disdakdul-kb pekanbaru, targetkan 14000, perempuan pasang, alat kb

Bhakti Sosial IBI KB-Kes, Disdakdul-KB Pekanbaru Targetkan 14.000 Perempuan Pasang Alat KB

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pekanbaru menargetkan 14.000 aseptor baru pada perancangan Bhakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia -Keluarga Berencana Kesehatan (IBI KB -Kes) tingkat Kota Pekanbaru yang akan digelar Rabu 8 Mei 2018.

"Ini target pemasangan alat KB baru di Pekanbaru selama tiga bulan sejak Februari hingga April," kata Kepala Disdalduk KB Pekanbaru Muhammad Amin di Pekanbaru, Senin.

Muhammad Amin menjelaskan Disdalduk KB Pekanbaru telah melakukan persiapan Perancangan Bhakti Sosial IBI-KB Kes tingkat kota Pekanbaru bertempat di lapangan Sepak Bola Jalan Belimbing Kecamatan Marpoyan Damai dengan berbagai agenda.

Ia menyatakan pemasangan alat kontrasepsi ini digratiskan bagi perempuan usia subur yang mendatangi pelayanan KB di 71 klinik yang tersedia di Pekanbaru.

Tujuannya jelas untuk kembali menggalakkan program Keluarga Berencana yang saat ini sudah berevolusi namanya menjadi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK). Guna mengendalikan pertumbuhan penduduk apalagi Indonesia menduduki nomor empat terbesar didunia dengan jumlah sekitar 270 jiwa.

"Makanya kami menargetkan selama pelaksanaan pencanangan tiga bulan IBI KB- kes ini ada 14.000 aseptor baru, " yakinnya.

Amin menjelaskan dalam pencanangan IBI KB -Kes nanti ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni pelayanan pemasangan alat kontrasepsi gratis.

Pelayanan kesehatan gratis, seperti cek gula darah, kolesterol dan lain. Bazar usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). Pameran kelompok tani unggulan (poktan), konseling remaja, donor darah.

"Selain itu ada juga stand pameran dari BNN, IBI, KPA, serta pentas seni sanggar remaja Pekanbaru," tuturnya.

Untuk pemilihan lokasi sambung dia memang Lapangan Sepak Bola Jalan Belimbing Kecamatan Marpoyan Damai memungkinkan untuk lokasi acara dan mampu menampung tamu undangan diperkirakan 1.000 an. Selain di lokasi juga sudah terdapat bangunan balai penyuluhan KB dari bantuan DAK.

"Disana juga memungkinkan untuk pelayanan aseptor KB dengan jumlah 150 orang sehari pelaksanaan tersebut, " pungkasnya.

***4***