Kenalkan Sejarah, Museum Sang Nila Utama Kampanye Permuseuman di Bengkalis

id kenalkan sejarah, museum sang, nila utama, kampanye permuseuman, di bengkalis

Kenalkan Sejarah, Museum Sang Nila Utama Kampanye Permuseuman di Bengkalis

Bengkalis, (Antarariau.com)- Dinas Kebudayaan Provinsi Riau melalui UPT Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya menggelar kempanye permuseuman 2018, di Museum Kabupaten Bengkalis yang berlokasi di Parit Bangkong, Selasa.

Penanggungjawab Kegiatan Permuseuman tahun 2018, Edy Yulisman menyebutkan, tujuan utama dari kempanye tersebut untuk memperkenalkan museum yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi yaitu Museum Sang Nila Utama yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 194 Pekanbaru.

"Tujuan utama kami melaksanakan kempanye ini untuk memperkenalkan Museum Sang Nila Utama, dan sasaran kita terhadap anak sekolah, karena generasi muda inilah nantinya yang akan meneruskan sejarah dimasa lampau," katanya.

Dijelaskannya, ada sebanyak 180 pelajar dari 11 sekolah se Kabupaten Bengkalis yang mengikuti kempanye tersebut.

"Kempanye ini selama satu hari, ini merupakan kegiatan rutin Dinas Kebudayaan Provinsi melalui UPT Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya," katanya.

Dijelaskannya, pada tahun ini pihaknya ,melakukan kempanye ditiga tempat yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu, yang telah dilaksanakan pada 5 April lalu, di Kabupaten Bengkalis, dan mendatang akan dilaksanakan di Kepulauan Meranti pada 26 April 2018.

Sementara itu, ia berharap kepada peserta kempanye untuk menjadikan museum sebagai tempat pembelajaran, dan sebagai sumber ilmu pengetahuan khususnya dibidang kebudayaan.

Di Museum Sang Nila Utama tersedia sebanyak 3.912 koleksi, yang terdiri dari 10 jenis macam koleksi seperti mata uang, kramika logi, serta hasil bumi.

Adada 3.912 koleksi, museum ini berdiri sejak 1984, dan setiap bulan pengunjung museum terus meningkat, pada Maret kemarin saja ada sebanyak 2.900an kunjungan, dan kita targetkan pada tahun 2018 ini ada sebanyak 50 ribu pengunjung," katanya.

Ia menjelaskan, fungsi museum sang nila utama diantaranya mengkoordinasikan dan melaksanakan pengumpulan, perawatan, pengawetan dan penyajian benda-benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah.

Selain itu juga melaksanakan bimbingan edukatif kultural dan penyajian rekreatif benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah, melaksanakan publikasi hasil penelitian, serta melaksakan urusan perpustakaan, tugas tugas ketatausahaan serta pelayanan masyarakat. **