Tinjau Persiapan UNBK di Siak, Komisi X Kunjungi 3 Sekolah ini

id tinjau persiapan, unbk di, siak komisi, x kunjungi, 3 sekolah ini

Tinjau Persiapan UNBK di Siak, Komisi X Kunjungi 3 Sekolah ini

Siak, (Antarariau.com) - Komisi X DPR RI berkunjung ke Kabupaten Siak, Riau untuk melihat persiapan Sekolah Menengah Atas se-derajat dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK, yang akan digelar secara serentak April 2018.

"Kedatangan kami komisi X DPR RI untuk melihat secara langsung kesiapan sekolah dalam menghadapi UNBK tahun ini," kata Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto saat dimintai keterangan di Siak, Rabu.

Rombongan yang dipimpin Djoko Udjianto disambut Asisten I Sekdakab Siak Budhi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Lukman, mereka bergerak ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mempura sebagai sekolah pertama yang ditinjau. Kemudian mereka lanjut ke SMK 1 Pariwisata, dan terakhir SMA Negeri 1 Siak.

"Dalam kesempatan ini kami meninjau tiga sekolah dalam mempersiapkan UNBK. Setelah kita melihat persiapan mereka, ditemukan masih ada beberapa fasilitas yang harus dipenuhi, salah satunya komputer," kata dia.

Dia katakan, inti tujuan komisi X DPR RI berkunjung ke kabupaten Siak untuk memetakan jumlah komputer yang diperlukan sekolah-sekolah dalam menghadapi UNBK. Terutama sekolah yang belum memiliki komputer sama sekali.

"Terutama di SMK Pariwisata Siak, disana belum ada sama sekali komputer untuk menunjang pelaksanaan ujian berbasis komputer. Ini fungsi kami datang ke sini, untuk memetakan sarana dan prasarana sekolah dalam ujian UNBK," kata dia lebih lanjut.

Katanya, hasil kunjungan kerja tersebut akan disampaikan pada kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) untuk bisa diusulkan masuk dalam anggaran APBN-Perubahan 2018 atau APBN murni 2019.

"Di SMK Pariwisata Siak yang belum memiliki komputer untuk UNBK sama sekali diperkirakan membutuhkan minimal 100 komputer. Sedangkan SMK Mempura dan SMA Negeri 1 Siak masing-masing membutuhkan 30 komputer lagi," katanya lagi.

Setelah meninjau sekolah untuk melihat persiapan sekolah sebelum pelaksanaan UNBK, rombongan komisi X DPR RI usai makan siang akan menghadiri pertemuan di kantor bupati Siak.

***4***