Rayakan Cap Go Meh, Para Perantau Tionghoa Diimbau Pulang ke Bagansiapiapi

id rayakan cap, go meh, para perantau, tionghoa diimbau, pulang ke bagansiapiapi

Rayakan Cap Go Meh, Para Perantau Tionghoa Diimbau Pulang ke Bagansiapiapi

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Masyarakat tionghoa Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau yang berada diluar daerah diimbau agar pulang pada saat perayaan malam Cap Go Meh yang akan laksanakan Jumat (2/3) mendatang.

"Kami mengimbau kepada saudara dan teman-teman kita yang berada di Jakarta, Medan, Pekanbaru, Dumai dan daerah lainnya agar dapat bersama-sama memeriahkan malam Cap Go Meh di Bagansiapiapi," ajak Ketua Yayasan Multi Marga Tionghoa Indonesia Kabupaten Rohil, Rendy Gunawan di Bagansiapiapi, Sabtu malam.

Rendy mengatakan, perayaan Cap Go Meh atau malam penutupan Tahun Baru Imlek 2569 di Kabupaten Rohil akan dipusatkan didepan Kelenteng Ing Hok King, Bagansiapiapi.

"Seperti biasanya setiap tahun kami mengadakan Festival Lampion yang diperkirakan nantinya akan diikuti sebanyak lima peserta," katanya.

Pada malam Cap Go Meh nanti, lanjut dia pihaknya juga mengundang Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rohil Jamiludin, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Sekretaris Daerah Surya Arfan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pejabat dilingkungan Pemkab Rohil, Ormas, OKP, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Pak Plt Bupati nanti melepas secara resmi peserta Pawai Lampion," ujarnya.

Untuk 2017 lalu Lampion yang diperlombakan menampilkan miniatur Ayam Api, sementara tahun ini menampilkan miniatur Anjing Tanah.

"Shio Anjing Tanah ini menurut kepercayaan kami membawa berkah dan rezeki, baik itu usaha didarat maupun dilaut semuanya bagus," kata Rendy Gunawan yang akrab disapa Kao Ping itu. ***4***