Warga rayakan Cap Go Meh

id warga rayakan, cap go meh

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Ribuan warga keturunan Tionghoa merayakan malam Cap Go Meh atau malam ke-15 Tahun Baru Imlek 2563/2012 yang dipusatkan di Jalan Karet, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu malam.

Suasana meriah mulai tampak begitu memasuki lokasi acara yang dikenal juga sebagai Komplek Kampung Melayu Tionghoa Pekanbaru.

Lokasi acara Cap Go Me penuh hiaskan lampion berwarna merah dan berbagai pernak pernik khas perayaan Imlek.

Alunan musik Mandarin manambah kemeriahan acara dengan panitia seluruh organisasi etnis Tionghoa di Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru itu.

Ribuan warga keturunan terlihat sangat antusias menikmati suguhan berbagai kesenian dan tradisi seperti barongsai, pembagian angpao dari dewa pemberi rezeki hingga parade gemerlap kembang api.

"Perayaan Cap Go Meh kali ini tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penyajiannya untuk umum atau bukan etnis Tionghoa saja," kata Dewan Pembina Organisasi Ikatan Keluarga Tinghoa Pekanbaru (IKTP), Sidharta di lokasi acara.

Sidharta mengatakan, perayaan Imlek dan Cap Go Meh terbuka untuk siapa saja, semua kalangan, semua etnis dan semua yang ingin menikmati persembahan tanda sujud syukur sebagian umat terhadap Sang Pencipta.

Memang, kata Sidharta, sebelumnya pada rezim Orde Baru dahulu, acara perayaan China termasik Imlek dan Cap Go Meh dilakukan secara tertutup.

"Namun pada beberapa tahun ini, kebebasan umat membuat kami lebih terbuka dan mudah-mudahan dapat mempererat hubungan kita yang berbeda-beda ini," ujarnya.

Sidharta mengharapkan, segala etnis dapat menyatukan tali silaturahim untuk memajukan Kota Pekanbaru.

Sidharta juga mengatakan, pada perayaan Cap Go Meh tahun ini, panitia menggelar tarian tradisional barongsai Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Kota Padang, Sumatra Barat, yang sebelumnya sempat dilombakan dalam ajang internasional.

"Atraksi barongsai ini dirangkai dalam susunan acara Cap Go Meh ini. Selain barongsai, ada juga tarian pedang dan tombak seperti yang kita saksikan saat ini," kata Sidharta.

Acara perayaan Cap Go Me di Kampung Melayu Tionghoa Pekanbaru selain dihadiri ribuan warga Tionghoa dan khlayak umum, juga dihadiri sejumlah pejabat daerah.

Beberapa diantaranya adalah Wakil Gubernur Riau, H Mambang Mit dan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar.

Acara ini berlansung hingga waktu tengah malam dengan berbagai kemeriahan termasuk kembang api.