Pandemi COVID-19 tak urungkan warga Pekanbaru rayakan kemerdekaan

id HUT

Pandemi COVID-19 tak urungkan warga Pekanbaru rayakan kemerdekaan

Ilusttasi. (ANTARA/Zabur Karuru)

Pekanbaru (ANTARA) - Pandemi COVID-19 tidak mengurungkan niat sejumlah warga di beberapa sudut kota Pekanbaru, untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke -76 dengan aneka lomba sederhana dalam protokol kesehatan yang ketat.

Seperti yang terpantau di lingkungan Rukun Warga (RW) Rela Jaya, Pekanbaru. Walau sederhana, warga setempat pagi hari Selasa 17 Agustus 2021, melangsungkan peringatan dengan upacara bendera dan aneka lomba.

"Setelah di awali upacara pengibaran Bendera Merah Putih, warga kini ikut aneka lomba," kata Ketua RT Gang Bersama, P Gultom di Pekanbaru, Selasa.

P Gultom mengatakan, peserta peringatan adalah warga di lingkungan sekitarnya tidak ada pendatang, namun demikian pelaksanaan tetap dengan prokes ketat.

"Kami mengenal warga yang hadir dan semoga semua sehat tidak ada yang terkonfirmasi COVID-19, walau demikian kami tetap terapkan 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencegah mobilitas interaksi," katanya.

Yasima (45) mengaku kerinduan warga akan perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini serasa terbayar, setelah dua tahun pandemi COVID-19. Walau hanya lomba sederhana seperti makan kerupuk, lari dalam karung, membawa kelereng dalam sendok dan sebagainya menjadi kegiatan favorit yang dilaksanakan untuk semua jenjang usia, selain mudah, meriah dan bisa diterapkan dengan prokes.

"Anak-anak, kaum bapak juga ibuk di kampung ini ikut lomba makan kerupuk, meriah tertawa membuat imun tubuh bertambah," kata dia.

Ia berharap dan berdoa semoga pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa beraktifitas normal.

"Kami rindu perayaan seperti ini setelah pandemi COVID-19 berlangsung, lomba makan kerupuk ini meriah membuat kita tertawa," kata Yasima.

Pantauan ditempat acara saat lomba panitia mengatur jarak kursi untuk penonton. Semua menggunakan masker, dan uniknya mereka kompak HH baju nuansa merah yang menggambarkan semangat bangkit melawan pandemi COVID -19.

Pekanbaru juga sempat di guyur hujan lumayan deras selama setengah jam, beberapa netizen di media sosial, bahkan mengartikan hujan ini pertanda duka mendalam perayaan HUT RI ke -76, dan mengirim doa bagi yang sudah menjadi korban Pandemi COVID-19.