Festival lampion meriahkan Cap Go Meh di Bagansiapiapi

id Cap Go Meh,Capgoneh rohil, bagansiapiapi, wisata rohil

Festival lampion meriahkan Cap Go Meh di Bagansiapiapi

Festival Lampion dalam rangka memeriahkan malam Cap Go Meh di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada Sabtu (8/2/2020) malam. (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Sebanyak 23 peserta mengikuti Festival Lampion dalam rangka memeriahkanCap Go Meh 2571 tahun 2020 di Bagansiapiapi, Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, pada Sabtu (8/2) malam.

Bupati Rokan Hilir, Suyatno saat menghadiri sekaligus melepas peserta pawai lampion menyebutkan suasana Kota Bagansiapiapi pada malam Cap Go Meh cukup ramai sekali.

"Tentunya pemerintah daerah memberikan apresiasi, terima kasih kepada Yayasan Multi Marga Tionghoa Bagansiapiapi yang telah menyelenggarakan kegiatan festival lampion, yang diikuti oleh suku-suku, kelenteng-kelenteng yang ada di Kota Bagansiapiapi. Termasuk juga saya memberikan apresiasi kepada beberapa ormas yang mengikuti kegiatan ini," kata Suyatno dalam sambutannya.

Bupati mengharapkan setelah berakhir festival lampion kalau bisa sekitar empat buah miniatur yang tampil malam ini supaya nantinya juga dapat dipajangkan di tempat-tempat strategis.

"Di samping untuk keindahan Kota Bagansiapiapidan juga masyarakat bisa berswafoto di sana, ini sangat menarik," kata Suyatno.

Selain itu, Bupati juga mengharapkan pada saat acara Bakar Tongkang tepatnya 8 Juni nanti juga dipasang lampion, yang saat ini Kota Bagansiapiapi sangat marak sekali dengan lampu-lampunya.

Sementara, Ketua Yayasan Multi Marga Tionghoa Indonesia Bagansiapiapi, Rendi Gunawan mengatakan, Festival Lampion ini bertujuan untuk mengangkat kesenian dan kebudayaan Tionghoa yang ada di Kabupaten Rokan Hilir yang dari dulunya memang sangat dikenal oleh masyarakat Bagansiapiapi atau luar negeri.

Turut hadir dalam kegiatan itu Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa, Kepala Kejaksaan Negeri Rohil Gaos Wicaksono, Pj Sekda Rohil HM Job Kurniawan, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah setempat dan undangan lainnya.

Baca juga: Cap Go Meh di Siak akan ada pawai tatung, begini keunikannya

Baca juga: Festival Lampion meriahkan malam Cap Go Meh di Rohil

Baca juga: Begini Dahsyatnya Festival Lampion Malam Cap Go Meh di Rohil