Barongsai Rayakan ''Cap Go Meh''

id barongsai rayakan, cap go meh

Pekanbaru - Atraksi kesenian barongsai Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Kota Padang, Sumatra Barat, yang sebelumnya sempat dilombakan dalam ajang Internasional dijadwalkan turut merayakan acara "Cap Go Meh" di Kota Pekanbaru, Riau.

"Atraksi barongsai ini dirangkai dalam susunan acara Cap Go Meh yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2012 nanti," kata Dewan Pembina Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP), Sidharta di Pekanbaru, Kamis.

Selain barongsai HBT, kata dia, pihak panitia juga telah menyiapkan ratusan kembang api yang nantinya dinyalakan pada malam perayaan Cap Go Meh.

Perayaan yang juga merupakan penutupan Tahun Baru Imlek 2563/2012 ini rencananya akan dilaksanakan di Kompleks Perkampungan Tionghoa Melayu Pekanbaru tepatnya di Jalan Karet.

Format acara kata Sidharta, akan dimulai pada pukul 18.45 WIB dengan salam pembuka oleh ketua panitia pelaksana acara Cap Go Meh 2012.

Kemudian kata dia, menyambut kedatangan Wali kota Pekanbaru, Firdaus MT yang nantinya diminta juga untuk menyalakan sebuah kembang api bertanda dimulainya acara.

"Selain barongsai dan kembang api, dalam acara ini nantinya juga akan diadakan tarian serta nyanyian khas Tionghoa," katanya.

Selain itu, kata Sidharta, dalam acara juga akan dirangkai pembagian hadiah lomba hias lampion yang diikuti oleh khalayak umum.

"Kita semua berharap, acara ini dapat berjalan sukses tanpa ada kendala apapun. Selain itu, harapan saya juga, masyarakat umum, tidak hanya etnis Tionghoa, dapat menikmati acara yang kami buat ini," katanya.

Dari pantauan ANTARA, persiapan Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru yang berada di Jalan Karet dalam menyambut Cap Go Meh sudah mulai rampung.

Hal tersebut ditunjukkan dengan sudah berdirinya sebuah pentas acara dan renovasi kompleks yang terlihat begitu indah dengan bersolek ribuan lampion berbagai jenis dan ukuran.