Barongsai, Kembang Api Sambut Imlek

id barongsai kembang, api sambut imlek

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Detik-detik penyambutan Tahun Baru Imlek 2563/2012 di Pekanbaru, Riau, yang berpusat di Kampung Melayu Tionghoa, Jalan Karet, dimeriahkan aksi barongsai dan pesta kembang api yang dinyalakan pada Senin (23/1) tepat pukul 00.01 WIB.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilayah Riau, Peng Suyoto di lokasi pesta kembang api mengatakan, lebih dari seribuan warga Tionghoa yang merupakan umat Konghucu menyaksikan letupan kembang api tersebut.

"Rata-rata warga Tionghoa ini, juga merupakan anggota resmi dari sekitar 30 organisasi masyarakat Tionghoa yang secara langsung terlibat untuk merayakan Imlek tahun ini," katanya.

Secara terpisah, Dewan Pembina Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP), Sidharta mengatakan, perayaan menyambut detik-detik Tahun Baru Imlek dinihari ini tidak hanya disaksikan oleh kalangan Tionghoa.

"Lihat saja, banyak juga masyarakat dari kalangan umum dan berbagai komunitas yang turut bergabung di acara ini," ujarnya.

Sidharta menuturkan, acara penyambutan Tahun Baru Imlek sebelumnya telah dimulai dejak pukul 21.30 WIB dengan sejumlah rangkaian acara yang telah terlebih dahulu disusun pihak panitia penyelenggara.

Selain pertunjukan kesenian barongsai, kata dia, panitia perayaan Imlek 2563, dalam hal ini adalah Ikatan Persaudaran Tionghoa Bengkalis, juga mendatangkan artis atau penyayi lokal.

"Acara ini cukup meriah, warga Pekanbaru juga tampak sangat antusias dalam perayaan Imlek kali ini," ujarnya.

Acara menyongsong detik-detik Tahun Baru bagi umat Konghucu itu juga tampak disambut baik oleh khalayak umum.

Acara tersebut ditutup dengan dinyalakannya sebuah kembang api berukuran besar yang kemudian diikuti berbagai jenis kembang api lainnya hingga mewarnai langit "Kota Bertuah".