Verifikasi Faktual KPU Riau, Perindo dan PSI Belum Penuhi Syarat

id verifikasi faktual, kpu riau, perindo dan, psi belum, penuhi syarat

Verifikasi Faktual KPU Riau, Perindo dan PSI Belum Penuhi Syarat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau masih menemukan beberapa dewan pimpinan daerah partai politik baru, yakni Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), di kabupaten setempat belum melengkapi persyaratan saat proses verifikasi faktual.

"Saat verifikasi faktual ditemukan parpol Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia di beberapa wilayah belum penuhi syarat," kata Anggota KPU Riau, Ilham M Yasir kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Untuk itu, Ilham menjelaskan sesuai tahapan kini proses perbaikan berkas parpol baru, dan keduanya masih memiliki waktu untuk melengkapi persyaratannya.

Ia tidak merinci persyaratan apa yang masih kurang bagi dua parpol baru tersebut. Namun menyatakan DPD kabupaten yang perlu perbaikan yakni Kampar, Pelalawan dan Kepulauan Meranti.

"Sejauh ini proses verifikasi faktualnya masih proses perbaikan, PSI dibeberapa daerah sudah memenuhi syarat, tapi di Kampar, Pelalawan, Meranti masih belum memenuhi syarat, " terangnya.

Demikian juga dengan Perindo masih ada juga yang belum tuntas. Maka sudah dilanjut ke proses perbaikan.

"Perindo harus melakukan perbaikan di Rohul dan di Kampar, " imbuh Ilham.

Sementara untuk dua parpol baru lainnya yakni Berkarya dan Garuda kini masih memasuki tahap verifikasi faktual.

"Sesuai tahapan tanggal 6 - 7 Februari baru mulai akan kelihatan apa dan siapa saja yang kurang syaratnya, " pungkas dia.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Riau Partai Perindo Ahmi Septari menyebutkan proses verifikasi faktual oleh KPU Riau berjalan lancar, apa yang dipersyaratkan sudah disampaikan dan diterima oleh tim Komisioner yang datang.

Diakuinya untuk beberapa DPD masih ada yang belum lengkap. Katanya pihaknya kini sedang berupaya melengkapi.

"Masih dalam proses, kami tinggal empat DPD lagi yang masih proses verifikasi faktual. Insya allah Februari sudah ada hasil nya, " katanya menambahkan.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menurunkan dua tim untuk melakukan verifikasi faktual kepengurusan masing-masing partai politik Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tingkat provinsi setempat yang berlangsung mulai 15-21 Desember 2017.

Proses ini dilakukan sehubungan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Adapun beberapa hal yang diperiksa dalam verifikasi faktual tersebut kepengurusan partai, ketercukupan 30 persen kuota perempuan dan juga surat keterangan domisili kantor.