Empat Dokter Spesialis Terjun Langsung Datangi Warga Pinggiran Meranti

id empat dokter, spesialis terjun, langsung datangi, warga pinggiran meranti

Empat Dokter Spesialis Terjun Langsung Datangi Warga Pinggiran Meranti

Selatpanjang (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menurunkan empat orang dokter spesialis untuk jemput bola mengobati masyarakat yang berada jauh dari lokasi Rumah Sakit atau di daerah pinggiran.

"Kami bersama tim dokter spesialis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meranti, mendatangi rumah rumah warga yang sedang sakit di Desa Lemang, Kecamatan Rangsang Barat," kata Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim di Selatpanjang, Selasa.

Said Hasyim menjelaskan saat ini tidak sedikit warga Meranti yang mengalami sakit namun tak bisa berobat karena tidak memiliki biaya, selain itu banyak pula yang karena faktor usia tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh misal menuju RSUD yang berada di Selatpanjang untuk melakukan pengobatan.

Agar pasien pasien ini tetap mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga sembuh dari sakit yang dideritanya.

Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti menurunkan empat dokter spesialis yang langsung turun ke rumah-rumah warga.

"Pelayanan kesehatan ini gratis kepada warga setempat," ucapnya.

Aksi yang dipimpin oleh Wakil Bupati dan tim dokter spesialis yang bertugas di RSUD Meranti bersama Ketua Komisi I DPRD Edi Masyudi, Kepala BLH Hendra Putra, Sekretaris Dinas Kesehatan dan Camat Rangsang Barat Said Jamhur, mulai menyusuri rumah warga yang berada di Desa Lemang, Kecamatan Rangsang Barat.

Aksi ini merupakan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Meranti untuk membantu warga setempat yang membutuhkan perawatan akibat sakit yang dideritanya.

Adapun empat dokter spesialis yang diturunkan adalah spesialis penyakit dalam spesialis penyakit anak, kemudian ilmu kebidanan serta spesialis bedah.

Sementara itu salah satunya pasangan keluarga Mutolib (70) dan Mutiah (65) tampak sumbringah saat dijumpai dokter spesialis penyakit dalam, sebab sang suami yang sedang sakit kadar gula darah tinggi dan gatal-gatal ini bisa mendapat pertolongan.

Selama ini Motolib yang sudah berusia lanjut mengaku hanya bisa mendatangi Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di Desa, dan pada saat terakhir berobat hanya diberikan satu macam obat.

"Baru ini bisa diobati sama dokter spesialis, sebab jauh, " ujar istrinya.

Ditempat yang sama Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti Ria menerangkan kegiatan bakti sosial tim dokter spesialis RSUD Meranti kerumah warga yang sedang sakit ini akan berlangsung hingga sore.

"Kegiatan ini akan kita lakukan sehari penuh, semoga dapat membantu masyarakat yang sakit di Kepulauan Meranti khususnya Desa Lemang, Kecamatan Rangsang Barat," tambahnya.