Jelang Pilgub, 200 Calon PPK Siak Mulai Jalani Ujian Tertulis

id jelang pilgub, 200 calon, ppk siak, mulai jalani, ujian tertulis

Jelang Pilgub, 200 Calon PPK Siak Mulai Jalani Ujian Tertulis

Siak (Antarariau.com) - Sebanyak 200 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Siak untuk Pilkada gubernur Riau menjalani tes tertulis di gedung Sport Hall, Rabu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak, Agus Salim di sela-sela pengawasan seleksi tertulis mengatakan, calon PPK yang lulus tahap administrasi ada sebanyak 207 orang.

"Namun yang tujuh orang ini tidak bisa ikut ujian, mungkin karena halangan dan sesuatu hal. Jadi yang ikut tes tertulis hari ini hanya 200 orang," kata Ketua KPU Kabupaten Siak Agus Salim kepada Antara di Sport Hall.

Dia katakan, jadwal penerimaan pendaftaran untuk PPK Kabupaten Siak sudah dimulai 12 Oktober lalu, kemudian dilanjutkan seleksi tes tertulis dan wawancara sebagai hasil akhir.

"Proses seleksi dan pelantikan akan selesai pada 11 November, sesuai waktu yang ditentukan KPU Riau," katanya lagi.

Dia sebutkan, dari 200 calon ini akan disaring menjadi 140 orang. Dimana masing-masing kecamatan hanya memiliki 10 kandidat, yang diambil dari nilai tertinggi. Kemudian akan diseleksi lagi menjadi lima orang saja disetiap kecamatan dengan total keseluruhan 70 orang anggota PPK.

"Hasil akhirnya akan terpilih lima orang saja di setiap kecamatan untuk menjalankan tugas. Penilaiannya diambil dari mereka yang mendapatkan nilai tertinggi di masing-masing kecamatannya," kata dia pula.

Dia tambahkan, hasil seleksi ini objektif terbuka dan transparan, karena sejak dimulainya tahapan pihaknya berpegang pada nilai serta rangking tertinggi.

"Jika dilihat, masih banyak wajah-wajah lama yang ikut. Tetapi kita tetap berdasarkan rangking atau nilai tertinggi untuk penilaian tes tertulisnya," imbuhnya.

Dia sebutkan, pihaknya menginginkan hasil terbaik, bukan berdasarkan unsur kedekatan peserta dengan panitia dan dewan juri.

Berdasarkan pantauan Antara, calon peserta PPK sudah ramai memadati gedung Sport Hall sejak pukul 13.30 WIB untuk pengambilan nomor ujian. Selama ujian tertulis, panitia mengawasi mereka, bahkan tidak diperbolehkan memegang handphone selama tes berlangsung.