Belum Pernah Coba Berwisata Kuliner di Kota Terbersih di Indonesia? Ini Ulasannya!

id belum pernah, coba berwisata, kuliner di, kota terbersih, di indonesia, ini ulasannya

Belum Pernah Coba Berwisata Kuliner di Kota Terbersih di Indonesia? Ini Ulasannya!

Jakarta, (Antarariau.com) -Setiap kota yang ada di Indonesia selalu memiliki kekhasan yang berbeda, entah mengenai keindahan alam, kekayaan sumber daya alam, keunikan kuliner, kebudayaan, atau pun peninggalan sejarah. Bahkan, sebuah julukan untuk kota tertentu seringkali menarik untuk diketahui lebih jauh. Seperti halnya kota Balikpapan yang dijuluki sebagai kota dengan biaya hidup termahal dibanding kota lain yang ada di Indonesia.

Julukan tersebut timbul karena beberapa hal, diantaranya faktor pendapatan di kota Balikpapan yang memang relatif tinggi, disukung dengan daya beli masyarakat yang sama tinggi. Sementara pasokan kebutuhan masyarakat, sebagian besar didatangkan dari luar kota, bahkan luar pulau. Hal itu menyebabkan biaya pengadaan barang jadi lebih besar.

Selain faktor tersebut, fasilitas umum di Kota Balikpapan termasuk modern dan lengkap. Salah satunya Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yang memiliki fasilitas modern dan canggih, sekelas dengan bandara Internasional. Desain arsitekturnya pun sangat menarik dengan dibangunnya hutan mini yang berada di dalam bandara tersebut.

Info pentingnya, Kota Balikpapan sering mendapatkan penghargaan sebagai kota terbersih. Bahkan pernah berada di urutan ke-dua sebagai kota terbersih di tingkat ASEAN. Pemerintah daerah setempat membuat aturan yang cukup ketat terhadap sikap hidup masyarakat terkait kebersihan dan lingkungan. Seperti halnya aturan membuang sampah rumah tangga yang memiliki waktu tertentu, yaitu pukul 18.00 06.00 untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan terhindar dari aroma sampah.

Selain dijuluki kota termahal, Balikpapan juga sering disebut kota minyak karena terdapat beberapa kilang minyak di kota tersebut. Keteraturan kota dan sikap hidup masyarakat yang tertib menjadikan kota Balikpapan ini tampak lebih indah dan nyaman.

Sesekali, Anda harus menjadikan Kota Balikpapan sebagai destinasi wisata. Rute penerbangan menuju dan kembali dari Balikpapan sudah tersedia cukup lengkap. Salah satu maskapai yang memiliki rute menuju kota Balikpapan adalah pesawat Air Asia. Anda dapat pesan tiket pesawat Air Asia dengan mudah di Traveloka.com.

Setelah ulasan tentang kotanya yang bersih dan teratur, tidak lengkap jika tidak membahas tentang kuliner Kota Balikpapan. Kota ini ternyata memiliki koleksi makanan unik dan lezat yang tidak dapat Anda temukan di kota lain, beberapa diantaranya:

1. Kepiting Dandito

gambar: kepiting dandito. sumber:dutawisataindonesia.wordpress.com

Nama rumah makan sebenarnya adalah restaurant Dandito, namun karena menu andalannya adalah kepiting super saos lada hitam, nama rumah makan ini lebih dikenal dengan sebutan Kepiting Dandito.

Salah satu kenikmatan menyantap kepiting adalah sensasi saat melakukan usaha keras memecahkan cangkangnya untuk mendapatkan daging kepiting yang empuk, gurih, dan bercita rasa manis. Meskipun dengan bantuan alat pemecah khusus, bukan berarti Anda bisa langsung dengan mudah memecahkannya.

Selain menu andalan kepiting, di sini juga tersedia varian menu lain. Masih seputar menu hidangan laut, seperti beragam olahan udang, cumi, dan ikan dengan menu tambahan seperti cah kangkung dan capcay yang menyegarkan.

Lokasinya berada di Jalan Masrma Iswahyudi no. 71, Sungai Nangka, Balikpapan Selatan.

2. Restoran Kepiting Kenari

Restoran ini masih berada dalam satu kawasan dengan Restaurant Dandito, yaitu di Jalan Marsma R. Iswahyudi no. 04, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Perbedaan kepiting kenari dengan kepiting biasa adalah ukurannya yang biasanya jauh lebih besar, serta cangkangnya yang empuk, tidak sekeras kepiting biasa. Sehingga Anda dapat lebih mudah menyantapnya, bahkan bisa dengan hanya merobek atau menggigitnya saja. Sedangkan cita rasa pada saosnya relatif sama.

Namun beberapa orang mengatakan kalau saos menu kepiting kenari lebih kental dan rasanya lebih kuat. Tapi pendapat tentang rasa kembali pada selera masing-masing.

gambar: kepiting kenari. sumber:dutawisataindonesia.wordpress.com

3. Rumah Makan Torani

Rumah makan Torani adalah rumah makan yang membuka cabang di beberapa kota. Menu andalannya selain hidangan seafood adalah ikan bandeng tanpa duri. Terdapat sekitar 50 menu makanan di Rumah makan tersebut yang dapat Anda pilih, harganya pun relatif lebih bersahabat.

Lokasi Rumah makan Torani ini berada di Komplek Lembaga Permasyarakatan, Jalan Jenderal Sudirman No. 73. Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

4. Sop Konro

Sop Konro yang cukup terkenal kelezatannya bukanlah sop konro yang dijual di rumah makan besar seperti restoran yang sebelumnya di ulas. Namun, sop konro ini dijual di sebuah gang sempit di dekat Pasar Baru Balikpapan.

Warung sop konro tersebut hampir setiap hari dipadati pembeli. Bahkan pukul 12 siang saja, Persediaan menu telah habis jika sedang benar-benar ramai. Sop kondro berupa tulang sapi dengan daging yang masih melekat yang dihidangkan dalam mangkok berkuah gurih dan beraroma rempah-rempah yang kental.

Pewarta :
Editor: Antara
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar