Sepanjang sejarah Pilkada, PKB belum pernah alihkan dukungan

id Pilkada Bengkalis,pilkada bengkalis 2020, iyeth bustami, pilkada serentak, pilkada riau, kbs, kasmarni, bagus santoso

Sepanjang sejarah Pilkada, PKB belum pernah alihkan dukungan

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Bengkalis (ANTARA) - Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Riau Tata menegaskan bahwa sepanjang sejarah partainya belum pernah mengalihkan dukungan yang diberikan kepada setiap pasangan calon yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"PKB selama ini tetap komit dalam memberikan dukungan kepada paslon, salah satunya kepada pasangan Kasmarni-Bagus Santoso yang maju di Pilkada Bengkalis," tegas Tata menjawab isu terkait santernya PKB akan mengalihkan dukungan kepada Iyeth Bustami usai menghadiri acara deklarasi Kabupaten Bengkalis Sejahtera di Kota Duri, Minggu (9/8).

Dikatakan Sekretaris Desk Pilkada Provinsi Riau ini bahwa hingga sekarang dukungan kepada KBS(Kasmarni-BagusSantoso) belum ada perubahan sesuai yang dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Sejauh ini belum ada bukti peralihan, kalau memang ada perintah peralihan dukungan dari DPP tentu kita menerima perintah tersebut yang berbentuk Surat Keputusan," katanya.

Isu peralihan ini di tingkat DPW sendiri belum ada pembahasan khusus dan baru diketahui lewat media dan sampai saat ini belum menyatakan sikap dan masih tetap komit terhadap paslon KBS.

"Dalam deklarasi bersama partai politik bersama PAN, PBB, Nasdem dan Gerindra dalam pernyataan dukungan kepada KBS kita hadir," ungkapnya.

DPP sendiri dalam memberikan dukungan berdasarkan sejumlah pertimbangan terlebih dahulu terhadap seseorang yang maju sebagai Bupati, termasuk kepada seorang kaderpun menjadi dasar keputusan.

Baca juga: Iyeth Bustami beri kejutan di Pilkada Bengkalis, PKB di antara dua pilihan

"DPP tetap realistis dan bukan menerka-nerka, walaupun nama Iyeth Bustami sebagai kader dimunculkan, tentu dilakukan dulu survei sebagai dasar keputusan, tidak serta merta seorang kader merubah arah dukungan, kalau memang belum layak tentu juga tidak akan mendapatkan dukungan," tegasnya lagi.

Keputusan DPP merupakan keputusan tertinggi terhadap dukungan kepada siapapun paslon yang akan diberikan dan tentu menjadi dasar dari DPW untuk mematuhi keputusan tersebut.

"Sejauh ini SK dukungan masih kepada KBS, sepanjang perubahan menjelang 4 September 2020 tidak ada tentu akan mendukung keputusan dari DPP tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Pilkada 2020 Bengkalis, Lima parpol pendukung sampaikan komitmen dukung KBS