PBB: Krisis kemanusiaan Gaza di telah capai level belum pernah terjadi sebelumnya

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, PBB

PBB: Krisis kemanusiaan Gaza di telah capai level belum pernah terjadi sebelumnya

Seorang anak laki-laki Palestina berjalan di tengah puing-puing bangunan yang hancur setelah serangan udara Israel di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, 25 Oktober 2023. (Xinhua/Yasser Qudih)

Jakarta (ANTARA) - Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan atau Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (25/10) mengatakan bahwa krisis kemanusiaan di Gaza telah mencapai level yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina, atau UNRWA, yang sejauh ini menjadi penyedia bantuan kemanusiaan terbesar di Gaza, memperingatkan bahwa mereka akan terpaksa menghentikan semua operasi pada Rabu malam kecuali bahan bakar segera diizinkan masuk ke Gaza.

Menurut OCHA, rumah-rumah sakit ditutup karena kekurangan bahan bakar, air, persediaan medis, dan personel. Bahan bakar dijatah secara ketat untuk sejumlah fasilitas penting tertentu. Generator cadangan tidak dirancang untuk operasional terus-menerus dan bisa mengalami kerusakan.

Personel PBB mengunjungi sejumlah rumah sakit pada Selasa (24/10). Di salah satu rumah sakit, mereka melihat ratusan pria, wanita, dan anak-anak terluka. Banyak dari mereka tidak sadarkan diri, dengan luka terbuka, tergeletak di tempat tidur, tandu, dan di lantai, dengan perawatan medis yang terbatas. Di halamannya terdapat sebuah tenda berisi puluhan jenazah, termasuk anak-anak. Banyak korban tewas dibiarkan di sana karena kamar mayat penuh, ungkap badan tersebut.

Seorang anak laki-laki Palestina berjalan di tengah puing-puing bangunan yang hancur setelah serangan udara Israel di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, 25 Oktober 2023. (Xinhua/Yasser Qudih)

Stok makanan hampir habis. Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP) memperkirakan pasokan makanan esensial di Gaza saat ini cukup untuk sekitar 12 hari. Namun, di toko-toko, stok yang tersedia diperkirakan hanya mampu bertahan selama lima hari, ujar OCHA

Masyarakat beralih meminum air sumur, yang mengandung kadar garam tinggi dan menimbulkan risiko kesehatan. Sejumlah mitra kesehatan juga mendeteksi kasus cacar air, kudis, dan diare karena kondisi sanitasi yang buruk serta konsumsi air dari sumber yang tidak aman.

Jumlah pengungsi internal kini diperkirakan mencapai lebih dari 1,4 juta, termasuk hampir 590.000 orang yang tinggal di tempat-tempat penampungan rujukan UNRWA. Lebih dari 15 persen pengungsi diperkirakan menderita disabilitas, namun sebagian besar tempat penampungan tidak memiliki perlengkapan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan mereka, sebut badan itu.

Otoritas setempat melaporkan bahwa lebih dari 40 persen unit perumahan di Jalur Gaza telah hancur atau rusak.

Baca juga: Jepang desak Israel untuk hentikan serangan ke Gaza

Baca juga: Presiden Mesir tegaskan penolakan operasi invasi darat Israel di Gaza