USBN 2017 SMP, Disdik Pekanbaru Cetak 16.000 Lembar Soal

id usbn 2017, smp disdik, pekanbaru cetak, 16000 lembar soal

USBN 2017 SMP, Disdik Pekanbaru Cetak 16.000 Lembar Soal

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mencetak 16.000 lembar soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk siswa tingkat SMP/MTS di ibu kota Provinsi Riau tersebut.

"Sekarang dalam tahap lelang, 16.000 lembar yang dicetak," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Jamal menjelaskan 16.000 soal USBN itu terdiri dari tiga mata pelajaran yakni pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) serta Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Ia mengatakan soal-soal USBN tersebut disusun oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dengan melibatkan kepala sekolah dan guru-guru yang membidangi setiap mata ujian.

USBN di Pekanbaru akan digelar selama empat hari pada awal Mei 2017 mendatang. Untuk soal ujian, ia mengatakan terbagi dua yakni berasal dari pusat dan soal yang disusun oleh Dinas Pendidikan setempat atau USBN.

"25 persen soal USBN dibuat oleh pusat dan 75 persen lainnya dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)," jelasnya.

Sementara itu, untuk ujian nasional (UN), terdapat empat jenis mata pelajaran yang akan diuji yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Untuk UN, dia kembali mengatakan terdapat dua jenis ujian yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNPK).

"Ada 26 SMP yang akan menggelar UNBK. Kita sudah siapkan sejak awal dengan melakukan simulasi. Mudah-mudahan sudah lancar semua," tuturnya.





Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) bertujuan mengembalikan hak guru sebagai perencana pendidikan.