Disbun: Satu KM Tanggul Selamatkan 25 Hektar Kebun Kelapa

id disbun satu, km tanggul, selamatkan 25, hektar kebun kelapa

Disbun: Satu KM Tanggul Selamatkan 25 Hektar Kebun Kelapa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten mengatakan setiap pembangunan satu Kilo Meter (Km) tanggul di daerah itu akan mampu menyelamatkan perkebunan kelapa kritis seluas 25 hektar.

"Tahun ini melalui dana APBD kabupaten akan dibangun tanggul sepanjang 233,5 KM," kata Kepala Bidang Sarana/Prasarana Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Ngadiyo di Tembilahan, Senin.

Ia mengatakan dengan dibangunnya tanggul mekanik sepanjang 233,5 Km maka sedikitnya sekitar 5.837 hektar kebun kelapa rakyat dapat diselamatkan dari intrusi air laut.

"Saat ini kerusakan lahan perkebunan kelapa milik rakyat sudah sangat mengkhawatirkan karena telah mencapai hingga lebih 100 ribu hektar," paparnya.

Ia menyebutkan hampir 100 ribu hektar dari sekitar 400 ribu hektar lahan perkebunan kelapa masyarakat Indragiri Hilir berada dalam kondisi kritis.

"Oleh sebab itu, lanjutnya, pembangunan trio tata air berupa tanggul mekanik, tanggul manual dan pintu klep menjadi prioritas bagi pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir," jelasnya. (ADV)