Polres Kampar Lakukan Sejumlah Gebrakan Ciptakan Kamtibmas

id polres kampar, lakukan sejumlah, gebrakan ciptakan kamtibmas

Polres Kampar Lakukan Sejumlah Gebrakan Ciptakan Kamtibmas

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kampar, Provinsi Riau membuat terobosan dengan menyalurkan 1.000 kentongan atau sarana pemberitahuan informasi yang biasa dipasang di pos keamanan lingkungan guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Ini merupakan upaya kita guna menciptakan Kamtibmas dalam program Cipta Kampung Aman di seluruh wilayah Kampar. Kita ajak masyarakat bersama-sama polisi menjaga Kamtibmas," kata Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Edy, masyarakat memiliki peran penting untuk dan potensi yang besar untuk mendukung terciptanya situasi yang kondusif terutama di lingkungannya sendiri. Hal ini bisa diaplikasikan dengan mengaktifkan Pos Kamling serta menjalin sinergitas dengan aparat keamanan yang ada.

Ia menuturkan, alasan dipilihnya kentongan dibagikan karena masyarakat pada umumnya telah mengetahui fungsi alat tersebut. Kentongan di sejumlah daerah yang masih memegang adat tradisional dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi atau berjaga malam di Poskamling.

"Pemberian 1000 kentongan ini juga dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat untuk turut ambil bagian dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, yang diharapkan dapat memperkecil ruang gerak para pelaku kejahatan sehingga tercipta situasi aman dan kondusif," ujarnya.

Selain itu, kentongan kini terancam ditinggalkan oleh masyarakat. Untuk itu, melalui program ini diharapkan mampu menjaga kelestarian budaya Indonesia di wilayah Kampar.

Untuk memotivasi masyarakat dalam menjaga Kamtibmas dengan mengaktifkan Poskamling menggunakan sarana kentongan, dia mengatakan akan di adakan perlombaan yang terus dievaluasi setiap saat.

"Nantinya pemenang akan diberikan reward dari Polres Kampar sesuai indikator yang ditentukan sehingga dapat menjadi motivasi serta penyemangat untuk mewujudkan kampung aman," jelasnya.

Polres Kampar selama ini dikenal giat mendekatkan diri ke masyarakat sebagai wujud dari Commander Wish Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Edy Sumardi yang menjabat sebagai Kapolres Kampar sejak Juni 2016 telah membuat beragam terobosan seperti "Ngobrol bareng Polisi" dengan target masyarakat-masyarakat di seluruh Kampar. Kemudian, menyambangi sekolah-sekolah untuk mengajak siswa-siswi awas terhadap ancaman kejahatan termasuk penyalahgunaan narkoba serta sejumlah program lainnya.

"Tujuan kita satu, menciptakan Kampar yang tertib, aman, agamis dan terkendali," ujarnya.