PKBM Dan RTMPE Tempat Mengembangkan Kompetensi Dan Menjadi Masyarakat Produktif

id pkbm dan, rtmpe tempat, mengembangkan kompetensi, dan menjadi, masyarakat produktif

PKBM Dan RTMPE Tempat Mengembangkan Kompetensi Dan Menjadi Masyarakat Produktif

Siak Hulu, (Antarariau.com) - Sebanyak 21 kepala sekolah (kepsek) dan kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Salo melakukan kunjungan ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani Mandiri kubang jaya, tempat Pendidikan dan latihan bagi masyarakat Kabupaten Kampar mendapatkan pelatihan jahit menjahit dan membordir khususnya remaja putri dan ibu-ibu rumah tangga yang menganggur.

Kepala UPTD P&K Salo Bustamam yang didampingi instruktur menjahit PKBM surya bersama rombongan kepala sekolah mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Kabupaten Kampar untuk mengembangkan kompetensi dan mengembangkan lingkungan masyarakat yang kurang aktif menjadi kelompok masyarakat yang produktif.

Dijelaskanya ini merupakan hal yang positif dan harus didukung penuh oleh semua lapisan masyarakat karena membawa dampak yang baik bagi masyarakat, mengembangkan potensi diri menjadi masyarakat produktif dan membangun sumberdaya manusia, sejalan dengan pilar pembangunan Kabupaten Kampar yang kedua yaitu peningkatan ekonomi masyarakat dan pilar ke tiga yaitu peningkatan SDM, ungkap Bustamam.

Selanjutnya rombongan juga mengunjungi lokasi Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) tempat percontohan bagi peserta diklat pertanian terpadu di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S), semangat begitu terlihat dari antusiasme rombongan yang begitu tiba dilokasi langsung menyebar di berbagai lokasi RTMPE.

Bustamam mengaku setelah dirinya dan rombongan yang dibawanya melihat langsung RTMPE menjadi termotivasi untuk mengusahakan pola seperti RTMPE dihalaman rumah mereka, setelah melihat dengan mata kepala kami sangat mendukung program ini agar terus dapat dilanjutkan bahkan dikembangkan sehingga penerapan dimasyarakat menjadi lebih banya agar Kampar bisa swasembada pangan, ungkap Bustamam.

Suyatno selaku instruktur RTMPE yang mendampingi rombongan, menjelaskan secara lebih rinci manfaat yang didapat dari RTMPE yang dapat dikembangkan di halaman rumah sekalipun seperti untuk peternakan sapi dan ternak Ayam, Pertanian, Perikanan dan rumah Jamur dengan pemanfaatan lahan hanya seluas 1000 meter namun bagi yang lahannya tidak mencukupi dapat memanfaatkan lahan yang ada sesuai kemampuan,ungkapnya. (Adv)