Tuai Pro-kontra, Wako Dumai: Kita Siap Dukung Full Day School

id tuai pro-kontra, wako dumai, kita siap, dukung full, day school

Tuai Pro-kontra, Wako Dumai: Kita Siap Dukung Full Day School

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wacana "full day school" terutama di Sekolah Dasar dan pertama negeri atau swasta yang masih menuai pro dan kontra di tengah masyarakat ini juga mendapat dukungan dari Wali Kota Dumai Zulkifli As.

"Kita siap mendukung full day school di Kota Dumai," ujarnya.

Terkait Dengan Hal Tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai menyebutkan sejumlah sekolah di daerah ini sudah menerapkan "full day school" atau sekolah sehari penuh.

Kadisdik Dumai Syaari, Kamis mengatakan, sekolah tingkat pertama yang sudah menerapkan "full day school" ini tersebar di tujuh kecamatan, di antaranya, SMPN 1, SMPN Binaan Khusus, SMPN 3, SMP YKPP dan SMPN Santo Tarcisius.

Kemudian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sudah menjalankan gagasan Mendikbud Muhadjir Effendy tersebut ialah SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN Binaan Khusus.

"Di beberapa sekolah di Dumai sudah ada yang menerapkan sekolah seharian penuh ini," kata Syaari.

Dinas Pendidikan Dumai menilai sangat setuju dengan rencana kebijakan Mendikbud baru ini di semua sekolah asal hanya yang sudah memenuhi persyaratan dan mendapat dukungan penuh.

Namun untuk menerapkan "full day scholl" tersebut, Dinas Pendidikan Dumai menilai belum semua sekolah di daerah ini siap menjalani karena masih banyak terkendala infrastruktur dan sarana pendukung.

Menurut dia, sekolah yang bisa menerapkan kebijakan ini harus didukung persyaratan jumlah guru mencukupi, ruang belajar dan ekstra kurikuler memadai, tersedia tempat kegiatan keagamaan, disepakati bersama wali murid dan tidak terkendala pendanaan.

"Kita setuju dengan gagasan pemberlakuan full day school tersebut, tapi hanya bagi sekolah yang memenuhi persyaratan," Pungkasnya.