Bantu Tanggulangi Karhutla Rohil, Polda Riau Terjunkan Dua Pleton Brimob

id bantu tanggulangi karhutla rohil polda riau terjunkan dua pleton brimob

Bantu Tanggulangi Karhutla Rohil, Polda Riau Terjunkan Dua Pleton Brimob

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Riau mengerahkan dua pleton pasukan Brigade Mobil dari Detasemen B guna membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Kita terus perkuat pasukan di sini untuk memperkuat tim gabungan Satgas Karhutla melakukan pemadaman," kata Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto di Rohil, Selasa.

Kapolda mengatakan, puluhan anggota Brimob yang dipimpin langsung Dansat Brimob Kombes Pradah Pinunjul terus berupaya melakukan pemadaman di Kecamatan Tanah Putih Rohil.

Supriyanto bersama jajaran Polda Riau berangkat ke Rohil pada Senin lalu (15/8) guna memantau kondisi karhutla yang terus meluas di wilayah tersebut. Bahkan, tim Polda Riau terpaksa menginap di lokasi kebakaran, Kecamatan Tanah Putih lantaran khawatir lahan yang berhasil diatasi kembali terbakar.

Selain mengerahkan Brimob, ratusan Polisi dari Polres setempat juga telah dikerahkan ke lokasi kebakaran. Kabid Humas Polda Riau, Guntur Aryo Tejo mengatakan, selain fokus pemadaman, Polda Riau yang menjadi bagian Satgas Gakkum Karhutla Riau juga turut membawa penyidik Direktorat Kriminal Khusus.

"Penyidik juga bersama kita untuk menyelidiki pemilik lahan dan pelaku pembakaran," ujar Guntur.

Kondisi yang cukup kering serta sumber air yang terbatas menjadi hambatan tim darat dalam melakukan pemadaman api di Rohil.

Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama Henri Alfiandi mengatakan, Satgas Udara Karhutla sejak pekan lalu terus berupaya melakukan pemadaman melalui operasi pengeboman air.

Rohil merupakan wilayah dengan kebakaran lahan terluas di Riau. Ratusan hektare lahan di wilayah itu dilaporkan terbakar dalam dua pekan terakhir. Sementara itu, dalam dua hari terakhir puluhan titik api terpantau di wilayah tersebut.

Titik api di Rohil menyebar di Kecamatan Bangko, Pujud, Tanah Putih, Simpang Kanan dan Rimba Melintang.