Bersiap Diverifikasi, Dua Pasang Calon Independen Serahkan Berkas Ke KPU Pekanbaru

id bersiap diverifikasi, dua pasang, calon independen, serahkan berkas, ke kpu pekanbaru

Bersiap Diverifikasi, Dua Pasang Calon Independen Serahkan Berkas Ke KPU Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dua pasangan bakal calon wali kota dari jalur perseorangan, yakni Alisabana-Kander Damanik dan Herman Ashar-Devi Warman menyerahkan syarat dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru untuk diverifikasi, Rabu.

"Dua bakal calon sudah menyerahkan secara simbolis. Kami akan hitung dulu kebenaran dukungan yang diserahkan," kata Komisioner KPU Pekanbaru Divisi Teknis Penyelenggaraan, Mai Andri di Pekanbaru.

Dikatakannya Rabu ini merupakan hari terakhir penyerahan syarat dukungan. Sebelumnya pada Sabtu (6/8) satu pasangan telah menyerahkan syarat dukungan yakni Syahril-Said Zohrin sehingga hingga saat ini sidah ada tiga bakal calon perseorangan untuk diverifikasi.

"Yang pertama sudah kita hitung dan dibuatkan berita acaranya. Jadi sudah dinyatakan lolos untuk diverifikasi faktual. Dari 52.431 dukungan setelah dihitung sekitar 52.100-an," ungkapnya.

Sementara dua bakal calon yang mendaftar pada hari terakhir, Alisabana berlatar belakang di Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Siak dan wakilnya Kander Damanik pegawai perusahan swasta. Sementara itu, Herman Ashar juga berlatar belakang PNS di Pekanbaru dan Devi Warman Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah, yang juga Ketua Persatuan Guru Seluruh Indonesia Kota Pekanbaru

Salah satu bakal calon Herman Ashar mengatakan dirinya telah mengumpulkan dukungan Kartu Tanda Penduduk berjumlah 50.850. Jumlah ini memenuhi syarat minimal untuk Pilkada Pekanbaru yakni sebanyak 47.051.

"KTP kita sudah memenuhi syarat minimal. Saya optimis maju dengan pengalaman mengabdi di Pemerintahan Kota Pekanbaru hampir 34 tahun. Program unggulan tentunya mencapai visi misi Pekanbaru 2021 yang belum tercapai, waktu tinggal lima tahun lagi," ujarnya.

Visi misi itu qdalah membentuk kesejahteraan rakyat, masyarakat cerdas, sehat dan memiliki kemamapuan ekonomi. Untuk mengawasi verifikasi faktual, pihaknya menyiapkan tiga orang untuk setiap kelurahan. Timnya juga telah membentuk posko dengan markas di Hotel Akasia Jalan Sudirman Pekanbaru.