KPU Inhu: Dua Pasang Calon Lolos Persyaratan

id kpu inhu, dua pasang, calon lolos persyaratan

Rengat, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menetapkan dua pasang calon bupati dan wakil bupati lolos persyaratan untuk bertarung pada pemilihan kepala daerah serentak pada Desember 2015.

"Mereka memenuhi persyaratan yang diminta sesuai aturan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu, Muhammad Amin di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, dua pasang calon tersebut, yakni Tengku Muhtarudin-Aminah (TM-Amin) dan Yopi Arianto-Khairizal (YP-KZ) telah memenuhi semua persyaratan, setelah melalui banyak tahapan hingga pada hari penetapan semua tidak ada masyaalah maka dinyatakan berhak maju.

Pasangan yang diusung oleh partai pengusung sejak awal pendaftaran melengkapi seluruh sayarat yang telah diminta petugas sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku, maka mereka maju untuk dipilih oleh masyarakat pada 9 Desember 2015 mendatang.

" Semua proses telah dilalui, tahapan penelitian syarat calon dan syarat hasil perbaikan berkas calon, keduanya dinyatakan lengkap, sesuai dengan PKPU Nomor 2 tahun 2015 tentang tahapan program dan jadwal Pemilukada serentak," sebutnya.

Pasangan TM - Amin diusung melalui Partai Hanura, Gerindra dan Demokrat dengan jumlah kursi DPRD sebanyak 13 kursi, sedangkan pasangan YP-KZ diusung memalui Partai PDP Perjuangan, PKS, PAN dan PKP Indonesia dengan jumlah kursi DPRD sebanyak 13 kursi.

"Tahapan selanjutnya yakni pengundian nomor urut calon," ucapnya.

Acara itu akan dilaksanakan di gedung olahraga danau raja Rengat Rabu (26/8) pukul 10.00 WIB, namun sebelumnya, pada pukul 08.00 WIB, KPU, Forkopinda, Ketua dan Pengurus Parpol pengusung calon serta pasangan calon akan melaksanakan pawai serentak.

" Kegiatan itu dimulai dari Lapangan Terbuka Hijau Rengat melintasi Jalan Sultan menuju GOR Danau Raja," tegasnya.

Karena itu, diharapkan masyarakat dan para pendukung kedua pasangan calon untuk memeriahkan pawai itu, sehingga berjalan dengan baik dan memperlihatkan besarnya dukungan masyarakat terkait tahapan pemilihan kepala daerah Inhu.

KPU telah menetapkan calon, karena itu diminta juga agar semua pihak mendukung program pemilihan kepala daerah ini sehingga berjalan dengan lancar untuk memilih pemimpin Inhu lima tahun mendatang, semua warga yang memiliki hak pilih sebaiknya dapat memanfaatkan haknya dengan baik, dapat menghindari adanya Golput.