Dua Beruang gegerkan warga Kotogasib Siak, BBKSDA pasang perangkap

id Beruang,Kotogasip,Beruang masuk kampung,Bbksda riau,Berita riau antara,Berita riau terbaru

Dua Beruang gegerkan warga Kotogasib Siak, BBKSDA pasang perangkap

Dua ekor beruang terlihat berada di Kandang Ayam warga Kampung Sengkemang Kecamatan Kotogasib Kabupaten Siak.(ANTARA/Tangkapan Layar)

Siak, Riau (ANTARA) - Sebanyak dua ekor beruang berwarna hitam terlihat muncul ke ladang dan perumahan warga Dusun Lingkar Oadi, Kampung Sengkemang, Kecamatan Kotogasib, Kabupaten Siak, Riau.

"Laporannya sudah ada melihat dari kemarin Minggu (5/7). Tapi tadi yang nampak pas terlihat sudah masuk ke kandang ayam, nampak betul karena ada videonya," kata Kepala Kepolisian Sektor Kotogasib, Iptu Suryawan, Senin.

Selanjutnya setelah mendapat laporan tersebut siang tadi, pihaknya langsung mengontak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Menjelang malam tim BBKSDA pun datang ke lokasi dan saat ini sedang membuat perangkap.

Polsek Kotogasib, lanjutnya bersama masyarakat ikut mendampingi pembuatan perangkap tersebut. Pihaknya siaga menunggu dua ekor beruang itu tertangkap sehingga tak meresahkan masyarakat lagi.

Dalam video tersebut tampak dua ekor beruang berwarna hitam dengan mulut putih berada di dekat kandang ayam. Satu beruang berjalan menuju kandang ayam dan bahkan memanjat kandang tersebut, sedangkan yang satu lagi terlihat menunggu.

Selanjutnya beruang yang masuk kandang ayam itu turun dan pergi lalu pergi menuju Beruang satunya lagi. Kemudian keduanya terlihat pergi meninggalkan kandang ayamtersebut.

Lokasi kandang ayam tersebut juga berada di dekat Sekolah Menengah Pertama 1 Kotogasib. Kandang ayam tersebut berada di belakang rumah yang dihuni juga olah guru-guru SMP 1 Kotogasib.

Selain itu lokasinya juga berada di ladang di mana Kepala Kepolisian Daerah Riau beberapa waktu lalu melakukan penanaman. Pasalnya Kampung Sengkemang dicanangkan Kapolda Riau dengan Program Jaga Kampung.

"Iya itu di tempat Pak Kapolda menenam kemarin. Sebenarnya biasa ada Gajah atau Harimau. Tapi kalau beruang ini dia merusak," ujar Kapolsek.

Baca juga: BBKSDA Riau selamatkan induk dan anak beruang tersesat di kebun warga, beginikronologinya

Baca juga: BBKSDA Riau pasang perangkap beruang madu liar di permukiman warga

Baca juga: BBKSDA Riau dan polisi selamatkan anak beruang dari jerat, begini kronologinya