Darisman: Kebun Karet Sudah Lama di Nanti-nantikan

id darisman kebun, karet sudah, lama di nanti-nantikan

Darisman: Kebun Karet Sudah Lama di Nanti-nantikan

Tanjung Alai, Kampar (Antarariau.com) - Sudah lama kami bercita-cita ingin memiliki kebun Karet yang bagus, kini telah datang apa yang kami angan-angankan, demikian disampaikan oleh Ketua Kelompok tani sungai petai yang menerima bantuan bibit karet sekaligus dilakukan pencanangan perdana penanaman karet yang diadakan di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar oleh Sekda Kampar Zulfan Hamid.

"Kami sangat gembira dengan bantuan bibit karet dari Pemkab Kampar ini, kami akan jadikan kebun ini betul-betul sampai menghasilkan" Kata Darisman yang didampingi oleh Kelompok tani Gulamo Desa Batu Bersurat dan seluruh anggota kelompok Tani yang menyaksikan penanaman perdana tersebut.

"Bantuan ini sudah sangat lama kami nanti-nantikan, karena setelah beberapa tahun yang lalu setelah migrasi lokal akibat pembangunan PLTA Koto Panjang, kebun Karet yang di buat 2 Ha per KK telah banyak yang mati dan terbakar, disamping itu makin bertambahnya jumlah KK dimasing-masing keluarga. "Kami bertekad akan membangun kebun Karet ini" Katanya berulang-ulang.

Namun ia meminta kepada instansi terkait bantuan ini bukan saja berupa bibit, namun hendaknya dapat juga dapat diberikan bantuan pupuk dan obat-obatannya" katanya berharap karena keberhasilan kebun ini sangat dipengaruhi oleh pemeliharan dan pemupukannya.

Ekonomi masyarakat sangat bergantung pada karet, karena kebun karet yang lama tidak dapat mencukupi bagi kehidupan ekonomi masyarakat. Semoga dengan adanya kebun karet ini dapat merubah nasib masyarakat" Katanya lagi.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Alai Yulhendri, menyampaikan atas nama masyarakat mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan bibit karet ini, bahwa desa Tanjung Alai memang antusias terhadap peremjaan perkebunan Karet.

Sebelumnya telah dilakukan penanaman namun akibat cuaca panas dan ekstrim terjadi kebakaran sehingga lahan yang telah ditanam habis terbakar.

Kami berharap bukan hanya 17 ha saja yang ditanam namun masih ada lagi penanaman yang selanjutnya." Tambah Yulhendri

Masyarakat sangat berterima kasih karena keadaan masyarakat yang susah dan ini memerlukan dana dalam peremajaan kebun karet ini, oileh sebab itu manfaatkan momemnt dengan memelihara tanaman karet dari Pemkab Kampar.

Camat XIII Koto Kampar Amiruddin dalam sambutan menyampaikan ini adalah support yang sangat membangkitkan semangat masyarakat dalam membangun kebun masyarakat, semoga ini betul-betul dapat kita nikmati dan rasakan.

"Dengan pembangunan kebun ini berharap dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat sehingga tidak hanya terpaku pada kebun karet yang sudah tua namun ada kebun baru yang akan akan diolah masyarakat dalam merobah taraf hidup masyarakat" Tambah Amiruddin. (ADV)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016