Warga Sarankan Bupati Bangun Turap Wisata Sepanjang Sungai di Rengat

id warga, sarankan bupati, bangun turap, wisata sepanjang, sungai di rengat

 Warga Sarankan Bupati Bangun Turap Wisata Sepanjang Sungai di Rengat

Rengat, (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau meminta kepada Bupati agar membangun turap wisata sepanjang Kota Rengat sebagai pendukung objek menarik di daerah itu dan solusi pencegahan abrasi sungai.

"Kami menunggu program pembangunan perindah kota agar semakin cemerlang," kata salah satu warga Indragiri Hulu Sarman di Rengat.

Ia mengatakan, Indragiri Hulu sudah berkembang pesat, namun jika dibangun turap sepanjang kota dimulai dari depan rumah dinas Bupati hingga Pasiran akan membuat daerah ini semakin maju karena selain badan turap bisa dijadikan lokasi wisata juga bisa sebagai penahan tebing dari longsor.

Bangunan tebing baik di sebelah kanan maupun kiri akan mendukung indahnya kota bersejarah Inhu, dampak positip lain adalah aliran sungai bisa dijadikan sarana event olah raga pacu sampan yang menarik jika dibangun dengan fasilitas yang baik.

"Selain itu, selama ini depan rumah dinas Bupati juga dijadikan prosesi mandi balimau, lokasinya sebaiknya di tingkatkan," sebutnya.

Ini juga sebutnya, pengembangan budaya lokal, namun lebih menarik jika lokasi lebih refresentatif, semua sarana dan falisitas di tingkatkan sehingga pengunjung bukan saja menikmati prosesi budaya tetapi melihat keindahan kota bersejarah.

Warga Indragiri Budi (45) juga menyebutkan, lima tahun kedepan dibawah kepemimpinan Bupati Yopi dan Wakil Bupati Khairizal semua harus ada perubahan, bukan saja membatu peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun yang lebih penting menjadikan ibu kota kabupaten lebih terlihat mengkilau.

"Ikon kabupaten itu ada di Kota Rengat, karena itu jadikan sejumlah strategis menjadi objek wisata," ujarnya.

Irigasi dalam kota harus lebih baik, bangunan juga tertata dengan rapi, siang malam tepi sungai Indragiri dijadikan masyarakat untuk bersantai bersama keluarga, teman bahkan pengunjung berdatangan dari berbagai wilayah hal ini sudah seharusnya menjadi perhatian khusus Bupati.

"Ini masukkan positip buat Bupati terpilih," ucapnya.

Dijelaskannya, instasni terkait sebaiknya mendukung program tersebut, misalnya Dinas PU peka aspirasi warga, Dinas pariwisata juga peduli agar daerah ini menjadi kunjungan wisatawan dari berbagai daerah selain terus mengembangkan objek wisata danau raja dengan menambah pohon pelindung dan tempat duduk yang baik.

"Selama ini dari sejumlah kabupaten di Riau datang ke Inhu bukan saja pada saat hari raya, libur tetapi pada waktu ada event yang digelar," sebutnya.(Adv)