Wan Abubakar Harapkan Ketua Muhammadiyah Baru Rohil Kembangkan Amal Usaha

id wan abubakar, harapkan ketua, muhammadiyah baru, rohil kembangkan, amal usaha

Wan Abubakar Harapkan Ketua Muhammadiyah Baru Rohil Kembangkan Amal Usaha

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Riau Wan Abubakar mengharapkan kepada kepengurusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir yang baru diharapkan bisa mengembangkan usaha dan amal usaha baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun ekonomi.

"Melalui Musda ke V ini diharapkan kepengurusan PD Muhammadiyah Rohil yang baru mampu bersaing menuju amal usaha yang bermutu dan berkemajuan memiliki kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan pemerintah," kata Ketua PD Muhammadiyah Riau Wan Abubakar saat membuka acara Musda Muhammadiyah ke V Rohil bersama Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hilir, di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi.

Ia mengatakan, Musda PD Muhammadiyah Rohil ke V ini bertujuan dalam rangka meningkatkan peran organisasi Muhammadiyah terutama melakukan konsolidasi organisasi.

"Jadi, langkah pertama Musda ini sesuai anggaran dasar Muhammadiyah bahwa setelah mukhtamar diadakan Musyawarah Wilayah, kemudian dilanjutkan Musyarawah Daerah, dan selanjutnya Musyawarah Cabang dan Ranting," ujarnya.

Konsolidasi ini, lanjut dia juga untuk melakukan evaluasi kedepan sesuai dengan apa yang menjadi harapan para mukhtamar Muhammadiyah ke 47 di Ujung Pandang, bahwa kedepan Muhammadiyah akan meluaskan dan mengembangkan usaha dan amal usaha yang dilakukan menuju organisasi pencerahan dan berkemajuan.

"Sebenarnya Muhammadiyah di Rohil ini sudah cukup lama berdiri bahkan tertua di Riau dan harus kita tingkatkan kedepan. Saya yakin Musda ini akan berjalan sukses yang nantinya akan terpilih pemimpin Muhammadiyah yang bisa membawa Kabupaten Rokan Hilir yang maju dan bersaing," sebutnya.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan saat menghadiri acara pembukaan Musda mengharapkan, agar nantinya para peserta dapat memilih figur-figur yang dapat membawa nama daerah kedepan yang lebih baik lagi.

"Seperti yang kita ketahui bahwa Muhammadiyah ini tidak hanya bergerak dalam bidang pendidikan, namun juga bergerak dibidang kesehatan dan usaha ekonomi. Tentunya kita di Rohil mengharapkan usaha-usaha tersebut bisa dilakukan sehingga Muhammadiyah yang ada didaerah ini benar-benar mandiri dan bisa menjadi contoh di Negeri Seribu Kubah," harap Sekda.

Terkait hibah lahan pemda untuk pembangunan sekolah Muhammadiyah di Rohil, Sekda mengatakan bahwa ide tersebut sudah lama direncanakan.

"Kita menyadari lokasi SMP Muhammadiyah Rohil saat ini sudah tidak layak lagi, karena berada ditengah-tengah masyarakat dan nanti akan kita bicarakan kepada Bupati agar lahan pemda yang ada dimanfaatkan untuk dibangun sekolah yang representatif. Termasuk Panti Asuhan yang dikelola oleh Aisyiyah itu juga menjadi PR kita, karena tanggung jawab anak yatim bukan semata-mata dari Muhammadiyah saja tapi juga pemda," tuturnya.

Ketua PD Muhammadiyah Rohil Khairul Fahmi mengatakan, untuk jumlah peserta Musda ke V ini diikuti sebanyak 102 orang yang terdiri dari delapan Cabang Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

"Jadi, dari bakal calon yang kita sebarkan itu sebanyak 61 orang dan sudah menyatakan bersedia sebagai calon Pimpinan Daerah Muhammadiyah sebanyak 36 orang. Kita berharap kedepan pemimpin terpilih periode 2015-2020 nanti bisa memegang amanah dan terciptanya pemimpin yang kolektif dan kolegial," harapnya.

(ADV)

Oleh Dedi Dahmudi