Bupati: SKPD Bengkalis Anggaran Jangan Diparkir dan dilaksanakan Akhir Tahun

id bupati skpd, bengkalis anggaran, jangan diparkir, dan dilaksanakan, akhir tahun

Bupati: SKPD Bengkalis Anggaran Jangan Diparkir dan dilaksanakan Akhir Tahun

Bengkalis, (Antarariau.com)- seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkup pemerintahan Kabupaten Bengkalis, diminta untuk memaksimalkan penyerapan Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016, mulai dari sekarang.

“Untuk memaksimalkan penyerapan APBD 2016, kami minta kegiatan sudah harus segera digesa, setiap program pembangunan yang telah direncanakan harus dapat terealisasi secepatnya. Jangan diparkir dan baru dilaksanakan menjelang akhir tahun,” kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Minggu (24/4).

Ia mengatakan, hal tersebut harus disegerakan agar roda perekonomian masyarakat di daerah itu bergerak cepat.

“Jika kegiatan ditumpuk dan baru dilaksanakan menjelang akhir tahun akan menggangu sistem. Jadi jangan sampai ada SKPD yang menunda-nunda pelaksanaan kegiatan, Kalau memang bisa dilaksanakan hari ini, tak usah menunggu besok, jika bisa dilaksanakan bulan ini, tak perlu menundanya sampai bulan depan, intinya harus dipercepat. Namun tentu harus sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan tetap mengepankan asas efektiivitas dan efisiensi," ujar Amril Mukminin.

Hal itu disampaikannya terkait arahan Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, terkait beberapa penekan yang disampaikan Menkeu kepada Kepala Daerah (KDH) dan Wakil KDH yang mengikuti PKPDN angkatan I.

“Menkeu menekankan kepada setiap kepala daerah agar menjaga konsumsi dan daya beli masyarakat, menjaga inflasi daerah, realisasikan segera belanja pemerintah secara efektif, meningkatkan investasi di daerah, serta meningkatan penerimaan pajak dan retribusi daerah,” katanya.

Selanjutnya agar masing-masing daerah melakukan akselerasi pelaksanaan program atau kegiatan guna mempercepat roda perekonomian. Serta tidak menumpuk pelaksanaannya di ujung tahun anggaran karena dapat menggangu sistem.

"Selain itu Menkeu juga menghimbau agar daerah tidak memarkir dananya diperbankan. Harus dibelanjakan untuk menggerakan perekonomian masyarakat. Sebab, menurut Menkeu, 31 Desember 2015 lalu, terdapat Rp 100 triliyun dana daerah yang menganggur di Bank," kata Amril.

Untuk itu, katanya, setiap SKPD di Pemkab Bengkalis harus segera memaksimalkan penyerapan anggaran agar tidak tertunda.