Bupati: Perlu Sinergisitas untuk Antisipasi Karlahut

id bupati perlu, sinergisitas untuk, antisipasi karlahut

Bupati: Perlu Sinergisitas untuk Antisipasi Karlahut

Kampar, (Antarariau.com) - Meskipun saat ini sedang musim hujan, akan tetapi persoalan kebakaran lahan dan hutan tidak boleh dilupakan begitu saja. Seluruh pihak yang berkompeten perlu menjalin sinergisitas dalam mengantisipasi karlahut agar tak lagi mendera Kabupaten Kampar di masa mendatang.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H Jefry Noer SH melalui Kabag Humas Pemkab Kampar Sabaruddin SSos kepada Riau Pos, Rabu (13/1) ketika berbincang mengenai antisipasi karlahut di Kabupaten Kampar untuk tahun 2016.

Sebagai langkah konkrit dalam koordinasi antisipasi karlahut di Kabupaten Kampar, direncanakan, Pemkab Kampar akan mengikuti pertemuan yang akan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Polres Kampar, Jumat (15/1) mulai pukul 08.00WIB. Koordinasi tersebut dilaksanakan dalam bentuk sillaturrahim pihak berkepentingan dalam rangka antisipasi karlahut, pembentukan kanal blocking, embung dan forum masyarakat gotong royong melawan api.

“Selama ini komunikasi Pemkab dengan seluruh jajaran TNI, Polri dan segenap unsur terkait sudah berjalan lancar. Tentunya, ke depan komunikasi dan koordinasi yang sudah baik ini perlu terus dilakukan, agar berbagai langkah antisipasi karlahut dapat lebih ditingkatkan,’’ ungkapnya.

Di samping perlunya sinergisitas dalam mengansitipasi karlahut, lanjutnya, masyarakat Kabupaten Kampar juga diimbau untuk turut aktif dalam mendukung antisipasi karlahut tersebut. Ada beberapa hal yang diharapkan dapat dipahami oleh masyarakat, seperti, tidak melakukan pembakaran dalam kegiatan penyiapan lahan. Menjaga areal dari kebakaran dan akibat perembetan api dari wilayah sekitarnya.

Kemudian, para petugas terkait, diharapkan pula untuk melakukan patroli dan pengawasan secara berkala di areal kerja dan wilayah sekitarnya. Meningkatkan kegiatan penyuluhan dan pembinaan terhadap masyarakat terutama yang berada di sekitar areal kerja dengan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Menyiagakan personel regu pemadam dan peralatan pemadam yang dimiliki. Apabila terjadi kebakaran agar melakukan pemadaman dini untuk selanjutnya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, sehingga dampak kebakaran dapat dikendalikan seminimal mungkin. (adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016