Hindari Kebocoran, Disdik: Soal UN Dijemput pada Hari Pelaksanaan Ujian

id hindari kebocoran, disdik soal, un dijemput, pada hari, pelaksanaan ujian

Hindari Kebocoran, Disdik: Soal UN Dijemput pada Hari Pelaksanaan Ujian

Bengkalis, (Antarariau.com)- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyatakan bahwa pendistribusian soal Ujian Nasional UN akan dilakukan pada hari pelaksanan ujian.

"Untuk menghindari kecurangan maupun kebocoran soal ujian, naskah tersebut akan dibagikan kepada setiap sekolah pada saat mata pelajaran itu berlangsung, dan tidak dilakukan sekaligus," kata Kepala Bidang Sekolah Menegah Atas Disdik Bengkalis, dalam keterangannya di Bengkalis.

Ia mengatakan, jika pada Senin itu mata pelajarannya Bahasa Indonesia dan matematika maka hanya naskah soal bersangkutan yang didistribusikan sementara mata pelajaran lainnya akan dibagikan pas pada Hari selanjutnya.

Selain itu katanya, dalam pengambilan soal naskah ujian tersebut pihak sekolah sendiri yang datang menjemput soal tersebut dengan diawasi langsung oleh pihak kepolisian.

"Begitu pula dengan hari- hari berikutnya," ujarnya lagi.

Menurut dia, meskipun ujian nasional bukan merupakan standar kelulusan, ia berharap kepada para pelajar yang mengikuti ujian nasional 2016 ini agar terus belajar dan percaya diri sendiri dalam mengerjakan soal ujian dan tidak mempercayai adanya jawaban bocoran yang akan mengelirukan.

"Terlebih saat ini ujian semakin berat seperti untuk mata pelajaran Bahasa Inggris yang tidak lagi dilaksanakan secara manual atau menggunakan kertas, tetapi ujian Bahasa Inggris dilaksanakan dengan menggunakan kaset CD," katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan ujian Bahasa Inggris menggunakan CD itu baru pertama kalinya dilaksanakan secara keseluruhan dan CD khusus mata pelajaran Bahasa Inggris tersebut telah dikirim langsung dari pusat.

Disdik Bengkalis dan pihak terkait akan melakukan berbagai upaya untuk menghindari kebocoran soal Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 April 2016 untuk Sekolah Menengah Atas(SMA) dan 4-7 April untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan(SMK).