Kebakaran di Giam Siak Kecil Bengkalis, Helikopter Bom Air Diterbangkan

id kebakaran di, giam siak, kecil bengkalis, helikopter bom, air diterbangkan

Kebakaran di Giam Siak Kecil Bengkalis, Helikopter Bom Air Diterbangkan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Satgas Udara kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) Provinsi Riau menerbangkan satu unit helikopter jenis MI-8 untuk melakukan "waterbombing" atau pengeboman air di Kabupaten Bengkalis.

"Hari ini pengeboman air dilakukan di Giam Siak Kecil di Bengkalis dengan satu sorti 12 kali penerbangan," kata Kadis Ops Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru Kolonel Penerbang Yani Amirullah kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan diarahkannya helikopter tersebut ke Giam Siak Kecil setelah adanya permintaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Selain pengeboman air, penanggulangan kebakaran lahan itu juga dilakukan oleh tim gabungan melalui jalur darat.

"Alhamdulillah, hasilnya cukup berhasil menangani kebakaran di sana. BMKG merilis titik api di Bengkalis nihil sore ini," jelasnya.

Sebelumnya pada Sabtu pagi tadi, BMKG Pekanbaru merilis 30 titik api di Riau. Sebagian titik api yang mengindikasikan Karlahut berada di Bengkalis.

Yani menjelaskan Satgas Udara Karlahut Riau sementara ini diperkuat satu unit Helikopter untuk keperluan pengeboman air. "Izin special permit sudah turun akhir pekan lalu. Kabarnya bakal ada satu unit lagi yang akan tiba," katanya.

Ia mengatakan satu unit helikopter tersebut akan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Keberadaan titik panas di Riau terus meningkat tajam dalam tiga hari terakhir. Pada Sabtu pagi tadi, BMKG mendeteksi 56 titik panas dari hanya tujuh titik panas pada sehari sebelumnya. Mayoritas titik panas yang terpantau satelit Terra dan Aqua itu terpusat di sejumlah wilayah di pesisir Riau.