Kemenag: Kuota Haji Ditentukan Maret nanti Termasuk Jamji Tambahan 10.000

id kemenag kuota, haji ditentukan, maret nanti, termasuk jamji, tambahan 10000

Kemenag: Kuota Haji Ditentukan Maret nanti Termasuk Jamji Tambahan 10.000

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan kepastian kuota haji Indonesia tahun 2016 kemungkinan ditentukan pada bulan Maret, termasuk realisasi tambahan 10.000 yang dijanjikan Raja Salman.

"Kalau kuota kita seperti tahun lalu kan sudah fix (beres), tak bakal dikurangi. Kita sudah kirim surat terkait janji Raja Salman, tapi belum dijawab. Bulan Maret nanti, baru ada jawaban," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Ahda Barori di Pekanbaru, Senin.

Dia menjelaskan, pihaknya telah mendapat informasi pada dua negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura bahwa kuota haji tahun 2016 akan tetap seperti tiga tahun sebelumnya atau pada 2013, 2014 dan 2015.

Sedangkan kuota haji Indonesia tahun 2016 diperkirakan sama seperti tiga tahun terakhir yakni sebanyak 168.800 orang, sebagai akibat pengerjaan perluasan Masjidil Haram di Kota Makkah, Arab Saudi yang belum selesai.

Namun, penambahan kuota haji tahun 2016 telah dijanjikan Kerajaan Arab Saudi dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dan Raja Salman di Jeddah, Arab Suadi, Sabtu 12 September 2015.

Pemerintah Arab Saudi menyetujui penambahan kuota haji 10.000 kepada Indonesia dan persetujuan itu langsung disampaikan oleh Menteri Negara Urusan Agama Kerajaan Arab Saudi Muhamad Ali Sheikh.

"Tapi kan itu secara tertulis, kita kan belum ada. Penetapan kuota dilakukan pada Maret 2016. Dimana seluruh negara akan buat nota kesepahaman terkait kuota haji dengan pemerintah Arab Saudi melalui menteri-menteri agama di seluruh dunia," ucap Ahda.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Abdul Djamil bulan lalu menyebutkan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Menteri Haji Arab Saudi terkait permintaan kepastian kuota haji tahun 2016.

"Saya bertemu langsung beberapa pekan lalu dengan Menteri Haji Arab Saudi dan menyampaikan surat tersebut untuk meminta kepastian soal jumlah kuota haji," ujar dia.

Kemenag berharap surat tersebut segera dibalas oleh Arab Saudi, sehingga pihaknya dapat dengan cepat mempersiapkan segala kebutuhan jamaah haji untuk kepastian kuota haji seluruh negara dan secara resmi ditandatagani nota kesepahaman pada 6 Maret 2016.

Kuota haji normal Indonesia seperti tahun 2012 merupakan tahun terakhir telah memberangkatkan sebanyak 217 ribu jamaah, tapi telah dikurangi 20 persen menjadi 168.800 orang akibat perluasan Masjidil Haram