Penyegaran Nilai-Nilai Kementerian Keuangan KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru

id penyegaran nilai-nilai, kementerian keuangan, kppbc, tipe madya, pabean b pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bea Cukai Pekanbaru mengadakan internalisasi character building pada hari Rabu, 02 September 2015 dengan tema Penyegaran Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yang disampaikan oleh Bpk. Dedy Chandra. Acara dimulai pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh Sdr. M.F. Hafizh selaku MC dan dibuka dengan kata sambutan oleh Bpk. Eko Budi Setiawan selaku Plh. Kepala Kantor, acara tersebut dihadiri oleh 74 pegawai KPPBC TMP B Pekanbaru dan mahasiswa PKL dari STAN.

Sebelum masuk ke dalam inti pembicaraan, Bpk. Dedy Chandra mengajak para peserta untuk melakukan tes penyamaan frekuensi otak. Hal ini dilakukan untuk mengetes apakah otak kita dapat menerima materi yang disampaikan dengan mudah atau sulit, hasil dari tes tersebut diketahui bahwa 98% para peserta siap untuk menerima materi dengan mudah. Bapak Dedy Chandra memulai materi dengan menyampaikan bahwa prilaku kita tergantung pikiran kita saat itu.

Materi pertama yang disampaikan mengenai nilai integritas, Integritas merupakan nilai yang penting yang harus dimiliki oleh para pegawai khususnya di Kementerian Keuangan. Integritas sendiri memiliki arti berpikir, berkata, berprilaku, dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

Nilai kedua profesionalisme, selain berintegritas para pegawai Kementerian Keuangan harus memiliki nilai profesionalisme dalam melaksanakan tugas. Profesionalisme mengandung makna bekerta tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.

Nilai ketiga yaitu sinergi, para pegawai Kementerian Keuangan harus dapat memimpin dan terpimpin agar dapat mencapai suatu tujuan bersama-sama. Arti dari sinergi sendiri adalah membangun dan memastikan hubungan kerjasama

internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.

Nilai keempat yaitu pelayanan, sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pemangku kepentingan. Perilaku pelayanan yang harus diberikan antara lain dengan melayani dengan

berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan, bersikap proaktif dan cepat tanggap. Bapak Dedy Chandra memberikan contoh nyata pelayan hotel yang memberikan pelayanan kepada tamu dengan cepat tanggap hingga

mengantar ia menjadi manajer hotel.

Niali kelima yaitu Kesempurnaan, Bapak Dedy Chandra menyampaikan dengan memiliki keempat sikap diatas nilai tambah selanjutnya yaitu kesempurnaan yang memiliki arti senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang

untuk menjadi dan memberikan yang terbaik.

Acara tersebut ditutup dengan ikrar mengenai nilai-niai Kementerian Keuangan yang dipandu oleh Bapak Dedy Chandra. Dengan disampaikannya penyegaran mengenai nilai-nilai Kementerian Keuangan oleh Bapak Dedy Chandra diharapakan para pegawai KPPBC TMP B Pekanbaru dapat menimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam pekerjaannya dengan konsisten.