Kinerja keuangan kementerian di Riau capai 96 persen tahun 2019

id Apbn,apbd riau, pemprov riau

Kinerja keuangan kementerian di Riau capai 96 persen tahun 2019

(ANTARA/HO)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau, menyatakan kinerja pelaksanaan keuangan kementerian di Riau capai 96 persen tahun 2019 naik dibandingkan tahun 2018.

"Realisasinya meningkat 96 persen dari pagu tahun 2019 sebesar Rp8 triliun," kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau, Bakhtarudin di Pekanbaru, Sabtu.

Bakhtarudin mengatakan, jika dibandingkan tahun 2018 lalu, kinerja pelaksanaan keuangan kementerian di Riau hanya 93 persen dari pagu Rp 7,9 triliun.

Dikatakannya, untuk memaksimalkan kinerja,

evaluasi terus dilakukan atas seluruh kinerja anggaran kementerian/lembaga (k/l) melalui satker-satkernya dengan orientasi tidak lagi hanya berfokus kepada tingkat penyerapan anggaran tetapi juga memberi perhatian lebih pada peningkatan akurasi rencana penarikan dana, penggunaan belanja, dan pencapaian output anggaran.

Bakhtaruddin menjelaskan hasil evaluasi yang dilakukan bahwa kinerja kementerian lembaga dalam penyerapan atau pelaksanaan anggaran sudah baik.

"Pengaturan dan pengendalian pengajuan pembayaran kepada KPPN di akhir tahun anggaran diatur melalui tahapan-tahapan yang sistematis, ketat, dan terukur, sebagaimana diatur dalam peraturan direktur jenderal perbendaharaan," urainya.

Menurutnya, efektifitas waktu menjadi jelas dan terorganisir tahapannya, Sakter terus dikomunikasikan intensif untuk senantiasa tertib dan konsisten dalam penggunaan dan pengajuan pembayaran sesuai rencana anggaran yang telah ditetapkan di awal tahun.

"Upaya-upaya tersebut mulai dapat mengubah pola pencairan anggaran sehingga lebih merata di tiap triwulannya dan penumpukan tagihan kepada kas negara di akhir tahun cenderung dapat dikurangi," pungkasnya.