Ribuan Peserta Ikuti Pawai Karnaval Meriahkan HUT RI

id ribuan peserta, ikuti pawai, karnaval meriahkan, hut ri

Ribuan Peserta Ikuti Pawai Karnaval Meriahkan HUT RI

Bagansiapiapi, Rohil, (Antarariau.com) - Meski diguyur hujan, ribuan peserta pawai karnaval tetap antusias mengikuti pawai dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 70 di Kabupaten Rokan Hilir. Pawai karnaval ini dipusatkan dihalaman kantor Bupati yang dilepas secara resmi oleh Bupati Rohil, H. Suyatno didampingi Wakil Bupati Erianda, Kamis sore (13/8).

Dalam sambutannya, Suyatno mengatakan antusias peserta tahun ini sangat luar biasa, bahkan ada peningkatan dibandingkan tahun lalu.

"Dari laporan panitia saja peserta yang mengikuti pawai mencapai 6000 orang. Masyarakat yang menyaksikan juga tumpah ruah membuat jalanan menjadi macet. Namun demikian pihak keamanan dan perhubungan sudah mengatasi kemacetan tersebut," kata Bupati.

Kegiatan tahunan ini juga dimeriahkan dengan Marching Band asal Perguruan Wahidin, SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SD Negeri 1, SD Negeri 03, SD Negeri 06 dan diiringi dengan tarian Barongsai dua regu yaitu Barongsai Satya Murni dan Sasana serta ditutup dengan Reog dan Rebana.

Panitia telah menyiapkan bagi pemenang dan akan diumumkan pada malam hiburan yang waktunya akan diinformasikan dalam waktu dekat.

'Hadiah berupa piala dan piagam serta uang pembinaan sudah kita siapkan. Kita juga salut kepada peserta, meski hujan mereka tetap semangat untuk mengikuti pawai," ujar Bupati.

Pengamatan dilapangan, saat hujan deras turun penonton berhamburan menuju tenda utama. Namun peserta tetap melanjutkan perjalanan dengan kelompok masing-masing. Berbagai penampilan seperti becak hias, pakaian adat se Indonesia, pejuang 45 dan profesi juga tampak ditampilkan.

Sementara itu rute perjalanan pawai dimulai dari Jalan Merdeka, menuju Jalan Pahlawan, kemudian dilanjutkan ke Jalan Bangko menuju Jalan Perwira dan kembali dihalaman kantor Bupati. (Adv)

Oleh : Dedi Dahmudi