Sirkuit Sentul Berkesempatan Gelar Berbagai Kejuaraan Internasional

id sirkuit sentul berkesempatan gelar berbagai kejuaraan internasional

Sirkuit Sentul Berkesempatan Gelar Berbagai Kejuaraan Internasional

Jakarta, (Antarariau.com) - Sirkuit Internasional Sentul Bogor, Jawa Barat, berkesempatan untuk menggelar berbagai kejuaraan balap internasional apabila sukses menyelenggarakan MotoGP pada 2017, kata Direktur Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto.

"Kalau ini (MotoGP 2017) terlaksana, saya kira semua "event" internasional bisa dibawa ke sini," kata Tinton di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, ia mengatakan berbagai pihak harus mempersiapkan segala hal agar perhelatan MotoGP 2017 di Indonesia bisa terlaksana dan mendapat penilaian tinggi oleh operator penyelenggara.

Tinton menekankan Indonesia harus berupaya secara maksimal dalam persiapan untuk mendapat penilaian bagus.

"Jika ini "grade"-nya A, "event-event" selanjutnya bisa diselenggarakan di sini," kata dia.

Namun demikian, Tinton tidak memungkiri Sirkuit Sentul harus banyak perbaikan untuk memenuhi standar agar bisa menggelar perhelatan MotoGP.

"Sentul ini kan dibuat tahun 90-an. Tapi dengan bahasa kasarnya kita "dikeroyokin" (mendapat sokongan dari Kemenpora, PP IMI, dan Kemenpar), saya yakin ini bisa," kata Tinton.

Tinton mengatakan Indonesia sudah memiliki modal sirkuit untuk menyelenggarakan MotoGP tanpa harus membangun dari awal. Sehingga tinggal mengembangkan berbagai fasilitas dan infrastruktur dari sirkuit yang sudah ada.

"Dalam waktu dekat, satu bulan, kita buat tim kecil dan akan buat satu program yang memiliki tugas dan tanggung jawab. Kita sudah untung punya sirkuit, tinggal dimodifikasi untuk sesuai seluruh standar," kata Tinton.

Indonesia berpeluang besar menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia Motogp 2017 yang rencananya akan digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.